PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII BC SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Authors

  • Neneng Hermawati SMK Negeri 2 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4678

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Projek, aktivitas peserta didik, hasil belajar, Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna, (2) untuk menggambarkan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek, (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna setelah menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Kelas XII BC SMK Negeri  2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Berbasis Projek  hasil belajar peserta didik hanya  memiliki nilai rata-rata 74.14. Siklus pertama meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 78.00, meningkat lagi di siklus ke-dua dengan perolehan nilai atau hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 81.70, dan di siklus ke-tiga nilai rata-rata peserta didik meningkat lagi menjadi 86.10. Aktivitas peserta didik dalam pembuatan produk teknologi tepat guna. Perolehan prosentase pada siklus pertama sebesar 53,45% (cukup aktif),  perolehan prosentase pada siklus ke-dua sebesar 78.62%  (aktif), dan perolehan prosentase pada siklus ke-tiga sbesar 95.52% (sangat aktif). Maka dapat disimpulkan terjadi  peningkatan aktivitas peserta didik  diantara ketiga  siklus tersebut. Sehingga penggunaan model pembelajaran Berbasis Proyek yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group.

Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta. PT Grasindo.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hamalik Oemar. 2008. Proses belajar Mengajar Jakarta. PT Bumi Aksara

H. Baharudin, E Wahyuni. 2015 Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Kamdi, W. dkk. (2007). Model- model Pembelajaran Inovatif. Malang. Universitas Negeri Malang. Khikmah.

Kemendikbud. 2015. Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII. Jakarta

Kirkley, Jamie. 2003. Principle for Teaching Problem Solving. Tehnical Paper, Plato Learning Inc.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta. Rafika Aditama.

Mardiyatmo. 2008. Kewirausahaan Untuk Kelas XII SMK. Jakarta. Yudhistira

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers.

Sagala.Syaiful . 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Sobur Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung. Pustaka Setia.

Sudjana Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya

Sunarto. (2009). faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. di akses dari laman web hari minggu tanggal 14 mei 2017 pukul 23:14. http://pendidikan-biolog.blogspot.co.id/2014/09/makalah-hasil-belajardan-materi-ajar.html Pada hari minggu , 14 mei 2017 pukul 23.14

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Kencana Prenadamedia Group.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Winataputra, Udin, S. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasion

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Hermawati, N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII BC SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4678