PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII BC SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4678Kata Kunci:
Model Pembelajaran Berbasis Projek, aktivitas peserta didik, hasil belajar, Produk Kreatif dan KewirausahaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna, (2) untuk menggambarkan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek, (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna setelah menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Kelas XII BC SMK Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Berbasis Projek hasil belajar peserta didik hanya memiliki nilai rata-rata 74.14. Siklus pertama meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 78.00, meningkat lagi di siklus ke-dua dengan perolehan nilai atau hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 81.70, dan di siklus ke-tiga nilai rata-rata peserta didik meningkat lagi menjadi 86.10. Aktivitas peserta didik dalam pembuatan produk teknologi tepat guna. Perolehan prosentase pada siklus pertama sebesar 53,45% (cukup aktif), perolehan prosentase pada siklus ke-dua sebesar 78.62% (aktif), dan perolehan prosentase pada siklus ke-tiga sbesar 95.52% (sangat aktif). Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan aktivitas peserta didik diantara ketiga siklus tersebut. Sehingga penggunaan model pembelajaran Berbasis Proyek yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Referensi
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group.
Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta. PT Grasindo.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Hamalik Oemar. 2008. Proses belajar Mengajar Jakarta. PT Bumi Aksara
H. Baharudin, E Wahyuni. 2015 Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Kamdi, W. dkk. (2007). Model- model Pembelajaran Inovatif. Malang. Universitas Negeri Malang. Khikmah.
Kemendikbud. 2015. Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII. Jakarta
Kirkley, Jamie. 2003. Principle for Teaching Problem Solving. Tehnical Paper, Plato Learning Inc.
Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta. Rafika Aditama.
Mardiyatmo. 2008. Kewirausahaan Untuk Kelas XII SMK. Jakarta. Yudhistira
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers.
Sagala.Syaiful . 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Sobur Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung. Pustaka Setia.
Sudjana Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya
Sunarto. (2009). faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. di akses dari laman web hari minggu tanggal 14 mei 2017 pukul 23:14. http://pendidikan-biolog.blogspot.co.id/2014/09/makalah-hasil-belajardan-materi-ajar.html Pada hari minggu , 14 mei 2017 pukul 23.14
Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Kencana Prenadamedia Group.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Winataputra, Udin, S. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasion
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Neneng Hermawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.