MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG GOTONG ROYONG DENGAN PENDEKATAN CRT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I-A SDN 02 MANISREJO

Authors

  • Siti Asma'ul Husna Rohmawati Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni listyani Universitas PGRI Madiun
  • Sri Rahayu SDN 02 Manisrejo

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16499

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi karena diketahui adanya peningkatan dari hasil pembelajaran serta keterampilan dengan menemukan solusi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang gotong royong dengan menerapkan pendekatan Cullurally Responsive teaching (CRT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas I-A di SDN 02 Manisrejo. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendekatan Cullurally Responsive teaching (CRT) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang gotong royong. Penelitian ini dilakukan di kelas I-A pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Populasi serta sampel yang digunakan di dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu seluruh peserta didik yang ada di kelas I-A SD Negeri 02 Manisrejo. Peneliti melaksanakan PTK dengan melakukan dua siklus. Dari hasil penelitian yang didapat pada Tindakan prasiklus yang memiliki ketuntasan 51,8% dengan mendapat nilai rata-rata 73,9 dan mengalami kenaikan pada Tindakan siklus pertama. Pada siklus pertama dengan hasil nilai ketuntasan 70,3% dengan nilai rata-rata 76,7. Pada Tindakan penelitian terakhir pada siklus ke dua dengan hasil ketuntasan 92,5% dengan mendapat nilai rata-rata 83,7. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan pemahaman pada materi gotong royong pada siswa di kelas I-A SD 02 Manisrejo.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Siti Asma’ul Husna Rohmawati, listyani, I., & Sri Rahayu. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG GOTONG ROYONG DENGAN PENDEKATAN CRT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I-A SDN 02 MANISREJO . JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 341–351. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16499