PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS VIII SMPN 5 MATARAM

Authors

  • Risma Julianti Universitas Mataram
  • M. Ismail Universitas Mataram
  • M. Samsul Hadi Universitas Mataram
  • M. Zubair Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui model Problem Based Learning dengan berbantuan media video di kelas VIII SMPN 5 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 1) siklus I pelaksanaan pembelajaran 69%. Kemudian meningkat pada siklus II 84% serta pada siklus III juga mengalami peningkatan 100%. 2) data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan ketuntasan 51,61%, kemudian meningkat pada siklus II dengan ketuntasan 80,64% sedangkan pada siklus III menunjukkan ketuntasan 93,54% dan telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dengan berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan pancasila.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Media video, Hasil Belajar

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Risma Julianti, M. Ismail, M. Samsul Hadi, & M. Zubair. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS VIII SMPN 5 MATARAM. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18114