POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANGUN CIVIC SKILL PADA SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMK NEGERI 5 MATARAM

Authors

  • Puji Kurnianingrum Arzamnur Universitas Mataram
  • M. Ismail Universitas Mataram
  • Sawaludin Universitas Mataram
  • Muhammad Zubair Universitas Mataram

Abstract

Pola komunikasi merupakan komponen yang memiliki peran penting bagi guru dalam membangun komunikasi dengan siswa penyandang disabilitas. Pola komunikasi yang baik dan terstruktur sangat dibutuhkan untuk membangun civic skill siswa penyandang disabilitas. Civic skill merupakan keterampilan kewarganegaraan yang meliputi kemampuan intelektual (intellectual skill) dan partisipatoris (partisipatory skill). Kemampuan ini penting untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang aktif, bertanggung jawab, dan beretika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi yang diterapkan guru untuk membangun civic skill pada siswa penyandang disabilitas di SMK Negeri 5 Mataram. Metode peneitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pola komunikasi guru yang berpengaruh dalam membangun civic skill pada siswa penyandang disabilitas agar dapat berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, civic skill, pendidikan inklusif, siswa disabilitas

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Arzamnur, P. K., M. Ismail, Sawaludin, & Muhammad Zubair. (2025). POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANGUN CIVIC SKILL PADA SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMK NEGERI 5 MATARAM. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(2), 287–302. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/20070