POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANGUN CIVIC SKILL PADA SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMK NEGERI 5 MATARAM
Abstract
Pola komunikasi merupakan komponen yang memiliki peran penting bagi guru dalam membangun komunikasi dengan siswa penyandang disabilitas. Pola komunikasi yang baik dan terstruktur sangat dibutuhkan untuk membangun civic skill siswa penyandang disabilitas. Civic skill merupakan keterampilan kewarganegaraan yang meliputi kemampuan intelektual (intellectual skill) dan partisipatoris (partisipatory skill). Kemampuan ini penting untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang aktif, bertanggung jawab, dan beretika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi yang diterapkan guru untuk membangun civic skill pada siswa penyandang disabilitas di SMK Negeri 5 Mataram. Metode peneitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pola komunikasi guru yang berpengaruh dalam membangun civic skill pada siswa penyandang disabilitas agar dapat berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, civic skill, pendidikan inklusif, siswa disabilitas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji Kurnianingrum Arzamnur, M. Ismail, Sawaludin, Muhammad Zubair

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














