Pengembangan Media Dadu Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas 4 SD

Authors

  • Putri Aulia Faradina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang penting bagi peserta didik, namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang masih mengalami kesusahan memahami isi bacaan akibat rendahnya minat baca dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini guna mengembangkan dan menguji keefektifan media pembelajaran Dadu cerita bergambar (Durigam) dalam keterampilan membaca cerita siswa kelas 4 SD Negeri 3 Mindahan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan media sebesar 90% (kategori sangat layak), kepraktisan berdasarkan tanggapan guru sebesar 93% dan siswa sebesar 92%, serta hasil efektivitas menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 27,9 menjadi 43,2 dengan nilai N-Gain sebesar 0,80 (kategori tinggi). Uji paired sample T-Test menghasilkan nilai signifikasi 0,000<0,05, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, media Durigam dinyatakan efektif dan layak digunakan sebagai media inovatif untuk meningkatkan keterampilan membaca cerita siswa di sekolah dasar.

Keywords : Media Pembelajaran, Membaca Cerita, Durigam.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Faradina, P. A., Erna Zumrotun, & Dwiana Asih Wiranti. (2025). Pengembangan Media Dadu Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas 4 SD. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 421–434. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/20122