EFEKTIVITAS MEDIA KARTU PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA KELAS V SDN 1 LEBAK

Authors

  • Ismi Aprilia Zahro Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Dwiana Asih Wiranti

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v6i3.21015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas V SDN 1 Lebak dalam menggunakan unggah-ungguh bahsa Jawa secara tepat. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui efektifitas media kartu peran dalam meningkatkan hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa. Metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Sampelnya dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen serta kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil, serta analisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasilnya terdapat perbedaan diantara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen serta kontrol, dengan skor sig 0,002 (p < 0,05). Siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara dan penggunaan unggah-ungguh basa Jawa yang lebih tepat dan sopan. Kesimpulannya, media kartu peran efektif digunakan dalam belajar mengajar bahasa Jawa, karena dapat menunjang pemahaman dan ketrampilan siswa dalam berbahasa secara santun dan kontekstual.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Aprilia Zahro, I., & Asih Wiranti, D. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA KARTU PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA KELAS V SDN 1 LEBAK. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 532–543. https://doi.org/10.32832/jpg.v6i3.21015