Performa Siswa Sekolah Islam dalam International Kangaroo Mathematics Contest

Penulis

  • Raden Ridwan Hasan Saputra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hania Rahmah Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstrak

Pendidikan matematika di sekolah Islam banyak menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa. Dalam upaya menggambarkan kemampuan matematika siswa sekolah islam secara lebih luas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan performa siswa sekolah Islam dalam International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) berdasarkan perolehan skor siswa sebagai gambaran kemampuan matematika siswa sekolah islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk untuk meringkas tren atau kecenderungan keseluruhan data skor siswa sekolah islam pada IKMC tahun 2024 yang berjumlah 76.963 siswa pada masing-masing tingkatan mulai dari tingkatan Pre Ecolier (Kelas 1-2), Ecolier (Kelas 3-4), Benjamin (Kelas 5-6), Cadet (Kelas 7-8), Junior (Kelas 9-10), sampai dengan Student (Kelas 11-12). Penelitian ini menemukan bahwa ukuran pemusatan data skor siswa sekolah islam pada IKMC 2024 tergolong kategori rendah pada setiap tingkatan lomba serta kelompok kategori kemampuan matematika yang rendah mendominasi di setiap tingkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa performa siswa sekolah islam pada International Kangaroo Mathematics Contest masih termasuk kategori rendah.

Diterbitkan

2025-11-21

Cara Mengutip

Raden Ridwan Hasan Saputra, & Hania Rahmah. (2025). Performa Siswa Sekolah Islam dalam International Kangaroo Mathematics Contest. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(4), 770–778. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/22107