PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK ADI SANGGORO BOGOR

Penulis

  • Panji Angkasa Universitas Ibn Khaldun

Kata Kunci:

E-Book, Prestasi Belajar, Pengaruh Smartphone, Internet

Abstrak

Smartphone adalah salah satu dari sekian banyaknya teknologi yang berkembang, saat ini. telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Kehadiran smartphone yang dapat dibeli dengan mudah menjadi alternatif keterbatasan sumber belajar bagi guru dan siswa. Penggunaan smartphone pada saat ini bukan lagi menjadi suatu kebutuhan melainkan sudah menjadi tren pada masa kini, fitur yang lengkap setara dengan prangkat laptop sekalipun sudah bisa didapat dalam satu prangkat smartphone yang canggih. Penggunaan smartphone sudah menyebar luas seara merata, baik dikalangan anak-anak, remaja, dan dewasa. Temuan pada penelitian ini adalah berdasarkan pengujian melalui regresi linear sederhana diketahui Konstanta sebesar 87.779, mengandung arti bahwa nilai konisten variabel prestasi belajar adalah sebesar 87.779. Koefisien regresi X sebesar 0,002 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pengaruh smartphone, maka nilai prestasi berkurang sebesar 0,002. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X (smartphone) terhadap Y (prestasi belajar) bersifat positif

Biografi Penulis

Panji Angkasa, Universitas Ibn Khaldun

Pendidikan Agama Islam

Referensi

Ahmadi, abu & Suprioyono. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta Rineka Cipta

Anam, K. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Bani Muqiman Bangkalan. 274–282.

Annurahman, (2014), Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung

Arifin, (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Ariwaseso, G., (2011). Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa KelasXI IPS SMA Negeri 1 Pataianrowo Nganjuk.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (17th ed.). Jakarta: PT Grafindo Persada.

Baharudin & Wahyuni, E. N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruzz media

Basleman, A., & Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Mudjiono, (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Dekdikbud

Dradjat, Zakiah. Dkk, 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

F Irfani, (2022). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Badru Tamam

F Irfani. (2016). Potret Pendidikan Islam Di Masa Klasik (Dinasti Abbasyah Dan Ummayah). Fikrah.

G Ikhtiono (2014) Konsep Pendidikan Nondikotomik dalam Perspektif Fazlur Rahman. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara,

Hergenhahn, B., R. & Olson, M., H. (2009). Theories Of Learnin. Jakarta: Fajat Intrpratama Offset.

Hidayat, A. R., & Junianto, E., (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya dengan Metode TAM. Journal: volume 4 Nomor 2 (1 juli)

Hutabarat. E., P. (1995). Cara Belajar Sebagai Pedoman Praktis UntukBelajar Secara Efisien Dan Efektif. Jakarta: Penerbit BPK Gunung Agung.

Islam, D. R. (2001). Ensiklopedia islam. Jakarta: PT Ikhtiar Baru Van Hoeve.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bineka Cipta.

Nursina, La Ode. (2016). Penggunaan Smartphone Dalam Mengembangkan Pola Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Skripsi. Kendari: Universitas Halu oleo Kendari

Prayudi, S. A. (2014). Fenomena Penggunaan Smartphone di Kalangan Pelajar SMP Islam Athirah I Makasar. Skripsi. Program Studi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makasar

Rajawali Pers.

Rohmalina (2015). Prestasi Belajar. Malang: PT. Bumi Aksara.

Salma Prawiradilaga, D., Ariani, D., & Handoko, H. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sardiman, A., M. (2011) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Simanjuntak, (2004). Pengenalan Aspek Telepon. Jakarta : PT Prahara Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Fakto-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, 2009. Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,.

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada

Syah, Muhibin. (2011). Psikoogi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Prenada Media Group.

Utaminingsih, (2006) "Pengaruh Penggunaan Ponsel Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial Remaja”. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Msyarakat, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

Walgito, B. (1999). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Brown, K., M. (1999) Social Kognitif Theory. (online) (http://www.med.usf.edu/ cognitive_Theory_Overview.html), diakses pada 18 November 2022.

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

G Ikhtiono (2018) PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES PENYIAPAN WARGA NEGARA. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam,

Haq, A. (2018) Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi. Universitas Islam Malang Jurnal: volume 3 nomor 1 (13 November)

Manumpil, B., Ismanto, Y., Onibala, F. (2015) Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri9 Manado. jurnal: Volume 3 Nomor 2 (1 November)

Meilani, R. R. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7.

Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603

Saroinsong, W. P. (2016) Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence Of Chilldern On Age 6-8 Years Old. Jurnal: volume 1 Nomor 4 (14 November)

Syamsudin, A. (2014). non-test evaluation instruments, child development. Jurnal Pendidikan Anak, 2

Quinn, C,. (2000), MLearning: Mobile, Wireless, In Your Pocket Learning, jurnal.upi.edu: volume.2 (28 November)

http:// deeanitachachandewi.blogspot.com Pengaruh Handphone Terhadap Pelajar SMA Sewon diakses pada 11 November 2022, jam 19:27

http:// swulandri22.blogspot.com Manfaat smartphone bagi pelajar diakses pada 9 November 2022, jam 17:48

http:// www.kompasiana.com>omi Pengaruh smartphone bagi kehidupan pelajar oleh Fibriwati Saomi diakses pada 10 November 2022, 17:50

Diterbitkan

2023-05-06

Cara Mengutip

Angkasa, P. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK ADI SANGGORO BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 171–181. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/10183