ANALISIS KEGUNAAN APLIKASI BLENDER DALAM PEMANFAATANNYA BAGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D VISUAL HURUF HIJAIYYAH TERHADAP RESPON SISWA PENGAJIAN

Penulis

  • Tohir Solehudin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.13789

Kata Kunci:

Blender, Huruf Hijaiyyah, Media Pembelajaran, Interaktif 3D, Respon Visual, Guru, Siswa, Pengajian

Abstrak

Penggunaan aplikasi Blender dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah di Madrasah Pengajian menjadi suatu alternatif yang menjanjikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kegunaan aplikasi Blender dalam pemanfaatannya bagi guru untuk pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah untuk mengembangkan respon visual siswa Pengajian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan 10 guru pengajar dan 4 orang siswa di Madrasah Pengajian di Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi Blender sangat berguna dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam membuat animasi 3D yang menarik dan interaktif, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengembangkan respon visual mereka.

Referensi

Abdullah, F., & Kurniawan, Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif 3D menggunakan blender untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Informatika, 6(2), 63-71.

Ambarwati, R., & Pratiwi, R. (2020). Penerapan media pembelajaran animasi 3D blender dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 112-123.

Azhar, M., & Hamidah, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi 3D menggunakan blender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(1), 13-21.

Dwiastuti, R., Mawaddah, D., & Hartono, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif 3D dengan blender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 22-29.

Rahayu, E. S., & Bambang, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis blender pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 113-122.

Suhendar, E., & Putra, A. R. (2020). Penerapan media pembelajaran interaktif 3D menggunakan blender pada pembelajaran sistem pernapasan manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 43-51.

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Solehudin, T. (2023). ANALISIS KEGUNAAN APLIKASI BLENDER DALAM PEMANFAATANNYA BAGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D VISUAL HURUF HIJAIYYAH TERHADAP RESPON SISWA PENGAJIAN. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3), 85–90. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.13789