PENGARUH MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS 3 SDN 1 SELUR
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14667Abstrak
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 3 di SDN 1 Selur dengan rata-rata kelas yaitu 60. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu ≥ 85%, ini dibuktikan dengan hasil observasi peneliti kepada guru yang mengajar dikelas, bahwa siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dari 14 siswa dengan presentase 14,29%. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran, kurang adanya kerjasama antar siswa dalam bekerja kelompok, kemudian guru yang tidak menggunakan media pembelajaran pada saat mengajar tematik. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik tema 8 pada kelas 3 SDN 1 Selur. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus, pada saat peneliti melakukan praktik mengajar siklus I dengan bantuan media gambar presentase hasil belajar yang dicapai adalah 57,14% (8 siswa), Kemudian peneliti melakukan siklus II dengan menggunakan media puzzle didapatkan hasil belajar yang naik secara signifikan yaitu 92,86% (13 siswa). Dengan demikian hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Puzzle dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Widianingrum, Edy Suprapto, Welly Martinus
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.