PENGARUH MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS 3 SDN 1 SELUR

Penulis

  • Widianingrum Universitas PGRI Madiun
  • Edy Suprapto Pendidikan Profesi Guru PGSD 1,Universitas PGRI Madiun, Madiun, JawaTimur
  • Welly Martinus SD Negeri 1 Selur, Ponorogo, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14667

Abstrak

Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 3 di SDN 1 Selur dengan rata-rata kelas yaitu 60. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu ≥ 85%, ini dibuktikan dengan hasil observasi peneliti kepada guru yang mengajar dikelas, bahwa siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dari 14 siswa dengan presentase 14,29%. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran, kurang adanya kerjasama antar siswa dalam bekerja kelompok, kemudian guru yang tidak menggunakan media pembelajaran pada saat mengajar tematik. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik tema 8 pada kelas 3 SDN 1 Selur. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus, pada saat peneliti melakukan praktik mengajar siklus I dengan bantuan media gambar presentase hasil belajar yang dicapai adalah 57,14% (8 siswa), Kemudian peneliti melakukan siklus II dengan menggunakan media puzzle didapatkan hasil belajar yang naik secara signifikan yaitu 92,86% (13 siswa). Dengan demikian hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Puzzle dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik.

Diterbitkan

2023-07-18

Cara Mengutip

Widianingrum, Suprapto, E., & Martinus, W. (2023). PENGARUH MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS 3 SDN 1 SELUR . JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 261–273. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14667