Pengguaan Metode Permainan Treasure Clue untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil belajar Materi Transformasi Energi Kelas IV SDN 1 Ganungkidul

Penulis

  • Siti Nur Aisyah Universitas PGRI Madiun
  • Sri Lestari
  • Dahlia Ulum Alimi

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14670

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan hasil belajar materi transformasi energi peserta didik kelas IV SDN 1 Ganungkidul melalui metode permaianan Treasure Clue. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Ganungkidul dalam mata pelajaran IPAS, khususnya pada topik transformasi energi. Penyebab rendahnya prestasi dikarenakan guru tidak menggunakan metode lain dalam pembelajaran hanya menggunakan metode cermah dan guru hanya mengandalkan buku ajar dan LKS tanpa menambahkan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri sari dua siklus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan Treasure Clue dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV  SDN 1 Ganungkidul. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil belajar siklus I ke siklus II, serta peningkatan nilai ketuntasan belajar secara klasikal, di mana pada siklus I hanya mencapai 42,85 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,28 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan Treasure Clue pada materi transformasi energi di kelas IV SDN 1 Ganungkidul dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi transformasi energi.

Kata kunci : Treasure Clue ; Hasil belajar ; Transformasi Energi.

Diterbitkan

2023-10-14

Cara Mengutip

Aisyah, S. N., Lestari, S., & Alimi, D. U. (2023). Pengguaan Metode Permainan Treasure Clue untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil belajar Materi Transformasi Energi Kelas IV SDN 1 Ganungkidul. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(4), 370–378. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14670