Pengaruh Metode Pembelajaran Montessori Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun

Penulis

  • Jehan Jibrani Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstrak

Tujuan penelitian ini sebagai solusi untuk para pendidik juga orangtua dirumah, bahwa metode pembelajaran Islamic montessori ini dapat memberikan pemahaman serta menambah wawasan keIslaman kepada anak usia dini dengan cara melakukan kegiatan yang didalam kegiatan tersebut telah diselipkan wawasan keIslaman berupa ayat Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan teknik sampel jenuh. Simpulan, bahwa penggunaan metode montessori sudah diaplikasikan dengan baik selama pembelajaran berlangsung dengan adanya tenaga pendidik yang cocok, fasilitas yang memadai, juga selalu diadakannya evaluasi yang guru atau sekolah menjadi mudah dalam menyalurkan ilmu pembelajaran kepada anak, khususnya tentang nilai keIslaman yang ditanamkan sekolah kepada siswa-siswi melalui metode tersebut, seperti sholat dhuha berjamaah, hafalan surat pendek, dan hafalan hadis pendek dengan harapan anak akan berkembang dan menjadikan dirinya sebagai pribadi yang berkarakter baik dengan didasari nilai-nilai pendidikan agama Islam yang baik juga dengan pemberian bekal keagamaan dari lingkungan sekolah maupun dari lingkungan rumah. Berdasarkan data hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dilihat dari nilai Fhitung sebesar 11.200>Ftabel (7,71) dengan nilai Sig. (0,029)> α (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu, maka terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y.

Diterbitkan

2024-01-05

Cara Mengutip

Jehan Jibrani. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Montessori Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/14940