PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA e-LKPD LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • Sonia Azizah Universitas PGRI Madiun
  • Nurul Kusuma Dewi Universitas PGRI Madiun
  • Siti Sutantri SMPN 14 Madiun

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL berbantuan e-LKPD pada gasil belajar IPA kelas VII C SMP N 14 Madiun tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan subjek peserta didik berjumlah 25 orang di kelas VII C. Indikator keberhasilan apabila ketuntasan klasikal hasil belajar melampaui 85%. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan dari fase prasiklus ke siklus I dari presentase sebesar 32% dengan rerata nilai 43,2 menjadi 60% dengan rerata nilai 76,4. Peningkatan yang terjadi pada siklus II terjadi mencapai 88% dengan rerata nilai 82,8 sehingga penelitian dinyatakan berhasil pada siklus II karena presentase ketuntasan hasil belajar IPA telah melampaui indikator ketuntasan klasikal sebesar 85%. Sehingga penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL berbantuan e-LKPD bisa meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII C SMPN 14 Madiun.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Azizah, S., Dewi, N. K., & Sutantri, S. (2024). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA e-LKPD LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(4), 567–578. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/14982