IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V-A SD BOSOWA BINA INSANI

Penulis

  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun
  • Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun
  • Dede Sarifah Universitas Ibn Khaldun

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap insan. Dengan pendidikan akan meningkatkan kualitas suatu bangsa. Bidang pendidikan di Indonesia berkembang dengan pesat. Banyaknya pendekatan pembelajaran yang digunakan membuat evolusi ini cukup jelas. Untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, adanya berbagai pilihan media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui implementasi media pembelajaran e-learning dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas  V-A SD Bosowa Bina Insani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan. Berdasarkan hasil pengumpulan data berupa observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, hasil data yang ditemukan bahwa di SD Bosowa Bina Insani mengimplementasikan media pembelajaran e-learning digunakan untuk proses evaluasi hasil belajar pada saat UTS/UAS dengan aplikasi LMS (Learning Management System) bosowaschool.com menggunakan smartphone/tablet/laptop dengan jaringan koneksi internet yang baik. Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ada banyak caranya, yaitu dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, pemberian penghargaan verbal, menciptakan manajemen kelas yang baik dan menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dengan cara mengadakan permainan edukatif dan ice breaking.

Diterbitkan

2024-02-27

Cara Mengutip

Santi Lisnawati, Salati Asmahasanah, & Dede Sarifah. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V-A SD BOSOWA BINA INSANI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 127–135. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/16297