PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA SD N 010 BALIKPAPAN SELATAN

PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA SD N 010 BALIKPAPAN SELATAN

Penulis

  • Sugianto Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16406

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik melalui perkembangan peserta didik secara kognitif, sosial, emosional dan moral di SD N 010 Balikpapan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian orang tua peserta didik SD N 010 Balikpapan Selatan. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling yaitu orang tua Kelas III SD N 010 Balikpapan Selatan. Hasil penelitian ini meliputi (1) perkembangan kognitif peserta didik melalui kemampuan berfikir logis dalam memecahkan suatu masalah; (2) perkembangan sosial peserta didik merupakan proses perkembangan interaksi peserta didik terhadap manusia lain dalam rangka pemenuhan fitrahnya sebagai manusia. Karena manusia adalah makhluk sosial; (3) Perkembangan Emosional juga dapat dipengaruhi oleh adanya gangguan kecemasan dan rasa takut ketika mengerjakan ulangan; dan (4) Perkembangan moral merupakan perkembangan yang berkaitan dengan aturan dan konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain.

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Sugianto. (2024). PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA SD N 010 BALIKPAPAN SELATAN: PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA SD N 010 BALIKPAPAN SELATAN. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 453–464. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16406