Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi di Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhamad Dhafa Gilang Faradilla Universitas Sanata Dharma
  • Renjani Puri Pinasthi Universitas Sanata Dharma
  • Agnes Herlina Dwi Hadiyanti Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16411

Abstrak

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) merupakan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat dan berpihak pada peserta didik. Penerapan Model Problem Based Learning berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Sikap Toleransi didasari oleh gaya belajar yang ditemukan sangat beragam sehingga perlu pembelajaran berdiferensiasi untuk mengatasi keberagaman tersebut agar peserta didik dapat mengoptimalkan potensinya sesuai karakteristiknya serta tumbuhnya sikap toleransi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai kurangnya penerapan sikap toleransi dalam keseharian peserta didik baik selama pembelajaran berlangsung atau diluar kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan model PBL dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan nilai toleransi peserta didik. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti memanfaatkan data kualitatif yang diperoleh dari instrumen-instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 Peserta Didik Kelas II A. Berdasarkan hasil analisis peneliti menemukan bahwa pengembangan nilai toleransi efektif dilakukan melalui pembelajaran PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi bagi peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari dampak perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran serta keikutsertaan peserta didik dalam pembelajaran. Model pembelajaran PBL berbasis berdiferensiasi dapat meningkatkan nilai toleransi di kelas II A sehingga peserta didik perlahan dapat mengembangkan sikap toleransi terhadap sesama.

Keywords :  Pembelajaran Berdiferensiasi, PBL (Problem Based Learning), Toleransi

Diterbitkan

2024-06-12

Cara Mengutip

Gilang Faradilla, M. D., Renjani Puri Pinasthi, & Agnes Herlina Dwi Hadiyanti. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi di Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 405–412. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16411