Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDI Perwanida Nurul Fajar

Penulis

  • Indah Khoirunnisa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun
  • Amran Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16560

Abstrak

Pada pembelajaran di sekolah, guru harus mampu menyesuaikan media yang akan digunakan pada proses pembelajaran. Pada fakta lapangan yang ada di sekolah SDI Perwanida Nurul Fajar terutama di kelas IV, guru yang bersangkutan hanya menggunakan media yang berupa video slide-slide materi yang tentunya membuat materi yang disajikan menjadi singkat dan terbatas. Hal tersebut membuat pemahaman siswapun menjadi terbatas dan menyebabkan hasil belajar siswa cukup rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah solusi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa yaitu dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDI Perwanida Nurul Fajar dengan menggunakan media audio visual. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk aktivitas guru dan lembar tes untuk hasil belajar siswa. Adapun hasil observasi pada siklus pertama adalah dengan persentase 73,33% dengan kategori “baik”. Selanjutnya hasil observasi pada siklus 2 mencapai persentase 86,67% yang dikategorikan “sangat baik”. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh persentase 76,19% yang termasuk dalam kategori “baik”. Selanjutnya untuk tes hasil belajar pada siklus 2 mendapatkan persentase 90,47% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” dan mencapai taraf indikator ketuntasan klasikal. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Perwanida Nurul Fajar pada pelajaran IPA.

Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam.

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Indah Khoirunnisa, Muhammad Fahri, & Amran. (2024). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDI Perwanida Nurul Fajar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 443–451. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16560