Pengembangan Modul PAI Materi Fikih pada Pendidikan Kesetaraan Paket B

Penulis

  • Siti Nuryanti Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nesia Andriana
  • Nirwan Syafrin Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstrak

Pendidikan Kesetaraan di Indonesia berperan penting dalam menyediakan akses pendidikan bagi berbagai kelompok usia, namun menghadapi tantangan utama berupa kurang relevannya materi ajar dengan kebutuhan siswa yang beragam usianya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fikih untuk Pendidikan Kesetaraan Paket B, yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa yang beragam usianya. Menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi untuk menghasilkan modul yang sesuai dengan kondisi lapangan. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul ini sangat efektif dengan penilaian rata-rata 85%, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang lebih kontekstual dalam Pendidikan Kesetaraan Paket B.

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

Siti Nuryanti, Nesia Andriana, & Nirwan Syafrin. (2025). Pengembangan Modul PAI Materi Fikih pada Pendidikan Kesetaraan Paket B. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(1), 173–188. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/17590