Pengembangan Modul PAI Materi Fikih pada Pendidikan Kesetaraan Paket B
Abstrak
Pendidikan Kesetaraan di Indonesia berperan penting dalam menyediakan akses pendidikan bagi berbagai kelompok usia, namun menghadapi tantangan utama berupa kurang relevannya materi ajar dengan kebutuhan siswa yang beragam usianya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fikih untuk Pendidikan Kesetaraan Paket B, yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa yang beragam usianya. Menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi untuk menghasilkan modul yang sesuai dengan kondisi lapangan. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul ini sangat efektif dengan penilaian rata-rata 85%, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang lebih kontekstual dalam Pendidikan Kesetaraan Paket B.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Nuryanti, Nesia Andriana, Nirwan Syafrin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.