EFEKTIVITAS MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA ALUS PADA SISWA KELAS IV SDN 03 MENGANTI

Penulis

  • Muhammad Rizqi Fitriyanto Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.17962

Abstrak

Mengukur keefektifan model role playing berbantuan media topeng karakter dalam meningkatkan keterampilan berbicara Krama Alus pada siswa kelas IV SDN 03 Menganti merupakan tujuan pada penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif Pre-Eksperimental dengan menggunakan model One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 03 Menganti tahun ajaran 2023/2024. Model role playing yaitu suatu model pada pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memerankan tokoh atau karakter tertentu dalam suatu situasi atau permasalahan yang diberikan oleh guru. Populasi dan sampel penelitian yaitu diseluruh siswa kelas IV SDN 03 Menganti yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji-t dan menunjukkan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,004 yang berarti lebih kecil dari (0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok.

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

Fitriyanto, M. R., & Wiranti, D. A. (2025). EFEKTIVITAS MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA ALUS PADA SISWA KELAS IV SDN 03 MENGANTI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.17962