EFEKTIVITAS MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPENG KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA ALUS PADA SISWA KELAS IV SDN 03 MENGANTI
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.17962Abstrak
Mengukur keefektifan model role playing berbantuan media topeng karakter dalam meningkatkan keterampilan berbicara Krama Alus pada siswa kelas IV SDN 03 Menganti merupakan tujuan pada penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif Pre-Eksperimental dengan menggunakan model One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 03 Menganti tahun ajaran 2023/2024. Model role playing yaitu suatu model pada pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memerankan tokoh atau karakter tertentu dalam suatu situasi atau permasalahan yang diberikan oleh guru. Populasi dan sampel penelitian yaitu diseluruh siswa kelas IV SDN 03 Menganti yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji-t dan menunjukkan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,004 yang berarti lebih kecil dari (0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Rizqi Fitriyanto, Dwiana Asih Wiranti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.