Relevansi Museum Asi Mbojo sebagai Sumber Belajar PPKn di SMP

Penulis

  • Rizka Amelia Putri Universitas Mataram
  • Yuliatin Universitas Mataram
  • Samsul Hadi Universitas Mataram
  • Muh Zubair Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18127

Abstrak

Museum memiliki peran penting pada bidang pendidikan dalam hal pembelajaran yang dapat diimplementasikan diberbagai tingkat pendidikan. Selain sebagai sumber belajar juga dapat menjadi media pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relevansi museum asi mbojo sebagai sumber belajar PPKn di SM. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi data penelitian ini yaitu relevansi museum asi mbojo sebagai sumber belajar PPKn di SMP. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode penggumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan beberapa hal yang relevan untuk digunakan sebagai sumber belajar pada materi PPKn yang terdiri dari, benda-benda peninggalan sejarah, kesenian lokal budaya dan narasi-narasi peninggalan sejarah. Bentuk kearifan lokal tersebut memiliki relevansi dengan materi PPKn dan dijadikan sebagai sumber belajar sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari guna memperoleh pembelajaran yang bermakna dan berkesan.

Keyword : Museum, Sumber Belajar, PPKn

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

Rizka Amelia Putri, Yuliatin, Samsul Hadi, & Muh Zubair. (2025). Relevansi Museum Asi Mbojo sebagai Sumber Belajar PPKn di SMP. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(1), 97–105. https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18127