PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK TINGKAT SMK
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18130Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku prokrastinasi tingkat SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Tahapan dalam penelitian ini yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan yaitu uji validasi ahli pendidikan bimbingan konseling, ahli bahasa, serta ahli psikolog berupa angket skala penilaian, catatan dan saran. Begitupun dengan subjek evaluasi terdiri dari ahli pendidikan bimbingan konseling, ahli bahasa, serta ahli psikolog yang memiliki karakteristik sebagai seseorang yang banyak dianggap sumber terpercaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mencakup wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dan Pengembangan Program bimbingan dan konseling Untuk Perilaku prokrastinasi Akademik tingkat SMK ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Kata Kunci : prokrastinasi, bimbingan konseling, ADDIE
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ulumiah Ulumiah Syatiri, Santi Lisnawati, Nesia Andriana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.