PANDUAN METODE KREATIF DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18898Abstrak
Penelitian Panduan Metode Kreatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan ini dilatar belakangi oleh permasalahan dan kebutuhan pendidik, tuntutan aktivitas dan kreativitas guru dan siswa berdasarkan hasil temuan khusus pada beberapa literatur serta berdasarkan observasi dan wawancara. Panduan Metode Kreatif dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan dihimpun secara lengkap dan dikembangkan dalam suatu panduan modul yang menarik, relevan dan mudah difahami. Panduan metode kreatif ini hadir menjadi bahan bacaan yang sangat bermanfaat bagi para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan, sebagai panduan dalam pengajaran serta penerapan metode pembelajaran yang lebih kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan, merumuskan panduan metode kreatif serta menguji kelayakan panduan metode kreatif. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE teori Branch (2009) yang mencakup Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap pengembangan melibatkan validasi oleh tiga ahli yaitu ahli metode, ahli Pendidikan Agama Islam dan ahli bahasa, serta ujicoba produk kepada 25 guru Pendidikan Agama Islam dari MGMP PAI SMK Kota dan Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada tahap analisis kebutuhan dari 25 guru setuju bahwa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memerlukan metode kreatif sebanyak 95 %, diperlukan panduan metode kreatif dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam SMK sebanyak 84 % dan diperlukan panduan metode kreatif dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam SMK sebanyak 100 %. Panduan ini dirancang dengan menarik, disajikan berbagai metode disesuaikan dengan struktur panduan, karakteristik siswa dan Capaian Pembelajaran kurikulum merdeka. Kelayakan panduan metode kreatif ini divalidasi oleh tiga ahli, validasi ahli metode menghasilkan 3,61 dengan persentase 87,5 % , ahli Pendidikan Agama Islam menunjukan skor 3,61 dengan persentase 90,8 %, mengindikasikan bahwa konten memenuhi standar yang sangat baik, Validasi ahli bahasa dengan skor 3,1 dan presentasi 81,5 % menunjukan bahwa bahasa dan penyampaian konten metode kreatif sudah sangat baik. Panduan metode kreatif ini juga mendapatkan penilaian yang positif dari 25 guru.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Enung Nurjanah, Hasbi Indra, Ahmad Sastra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.