Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Helma Sulha Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di SDN 7 Suwawal dipengaruhi oleh penggunaan media flash card.  Studi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain pre-eksperimental satu grup pre-test post-test.  Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata meningkat dari 59,79 pada pretest menjadi 86,11 pada posttest, dengan selisih 26,32 poin, atau sekitar 44,01%. Peningkatan ini juga disertai dengan peningkatan motivasi dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran.  Terbukti bahwa flash card membantu peserta didik lebih memahami materi, memperkaya kosa kata mereka, dan lebih berkomunikasi.  Hasil ini menunjukkan bahwa media flash card layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik dan mendukung penguasaan keterampilan berbahasa, khususnya pada materi kata sifat di sekolah dasar.

Keywords : Media, Flash Card, Keterampilan Membaca

Diterbitkan

2025-07-16

Cara Mengutip

Sulha, H., & Zumrotun, E. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 503–513. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/20942