Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Pintar Membaca (KarTaCa) Terhadap Minat Baca Anak Disleksia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i3.20974Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Kartu Pintar Membaca (KarTaCa) terhadap minat baca anak disleksia di sekolah dasar dengan menggunakan metode multiple baseline design across subjects. Kemampuan membaca merupakan proses kompleks yang melibatkan aspek mendengarkan, berbicara, dan menulis, namun siswa sering menghadapi kesulitan, terutama bagi mereka yang mengalami disleksia. Disleksia mencakup berbagai kesulitan terkait kata, termasuk membaca, mengeja, menulis, dan memahami teks. Data dikumpulkan melalui observasi, tes minat baca, dan dokumentasi selama intervensi. Hasil posttest menunjukkan peningkatan yang mencolok, dengan rata-rata skor mencapai 55% untuk anak disleksia berat dan 75% untuk anak disleksia ringan. Peningkatan ini mencerminkan tidak hanya kemampuan membaca, tetapi juga keberhasilan media pembelajaran dalam menarik perhatian dan minat siswa terhadap aktivitas membaca. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan KarTaCa sebagai alternatif media pembelajaran inklusif dan menekankan perlunya pendampingan intensif bagi siswa dengan disleksia berat, serta pelatihan bagi guru dan kolaborasi dengan orang tua untuk pemantauan perkembangan minat baca siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muchammad Ardian Mahardika, Dwiana Asih Wiranti, Hamidaturrohmah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














