Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Potensi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i4.21716Abstrak
Pengembangan potensi pada siswa sekolah dasar merupakan hal yang perlu menjadi perhatian di sekolah, sebagai lembaga pendidikan formal. Pada usia sekolah dasar sekitar 6 – 12 tahun, merupakan masa-masa emas untuk pembinaan sejak dini, terlebih anak usia dasar belum mampu mengenali dan mengembangkan potensi dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana bentuk manajemen ekstrakurikuler yang tepat sehingga dapat berperan dalam meningkatkan potensi siswa di sekolah dasar melalui studi literatur. Kajian ini dilakukan dengan menelaah berbagai sumber pustaka seperti jurnal ilmiah, buku, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler yang efektif terdiri dari aspek perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi/pengawasan. Sekolah yang melaksanakan kegiatan manajerial ekstrakurikuler dengan baik dapat menjadi sarana strategis dalam pengembangan minat, bakat, serta potensi siswa. Perencanaan yang sistematis, pelaksanaan yang partisipatif, serta evaluasi/pengawasan yang berkesinambungan menjadi elemen penting dalam menunjang keberhasilan program ekstrakurikuler. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler dapat berkontribusi secara signifikan dalam membentuk siswa yang berprestasi, kreatif, dan berkepribadian kuat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Afriska Hernaning Tiyas, Erni Roesminingsih, Mohammad Syahidul Haq

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














