ANALISIS KEBIJAKAN INTEGRASI DAPODIK DENGAN SISTEM PPDB ONLINE DI SMP NEGERI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOJONEGORO
Abstrak
Kajian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan terkait integrasi antara Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online di SMP Negeri yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Integrasi tersebut dipandang krusial guna membangun sistem pendidikan yang lebih terbuka, efektif, dan bertanggung jawab yang ditopang oleh data yang akurat. Penelitian ini mengkaji sejumlah sumber literatur, regulasi, dan dokumen kebijakan yang berkaitan, guna menggali tantangan, peluang, serta konsekuensi dari kebijakan tersebut terhadap pelaksanaan PPDB online. Hasil kajian menunjukkan bahwa walaupun penyatuan data antara Dapodik dan PPDB online dapat memperkuat keabsahan data, meningkatkan akurasi data serta mempercepat proses seleksi, implementasinya masih menghadapi hambatan teknis, keterbatasan kapasitas sumber daya manusia, serta ketimpangan fasilitas di berbagai sekolah. Oleh sebab itu, diperlukan peningkatan koordinasi antar pihak terkait, penguatan kemampuan teknis operator sekolah, dan penyesuaian regulasi yang responsif terhadap kondisi setempat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan sistem pendidikan yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kasbijanto, Mohammad Syahidul Haq, Amrozi Khamidi, Muffarihul Hazin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














