PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III MI NURUL HUDA 1 CURUG

Penulis

  • Evi Nurtikasari Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2869

Kata Kunci:

Scramble, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model scramble pada siswa kelas III MI Nurul Huda 1 Curug.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjeknya adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian pada penelitian ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang meningkat yaitu siklus 1 rata-rata nilai 67,5, siklus 2 meningkat menjadi 74,85 dan siklus 3 meningkat menjadi 80,35. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Referensi

Sagala Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Puspitasari Dewi. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media)

Hasanah S. 2013. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Melalui Kolaborasi Metode Pembelajaran Super Brain Dengan Teknik Scramble di SD.

Diterbitkan

2020-02-06

Cara Mengutip

Nurtikasari, E., & Fahri, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III MI NURUL HUDA 1 CURUG. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 42–51. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2869