PENGARUH METODE BERMAIN BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES TENTANG GERAK MENGGIRING BOLA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 5 KOTA BOGOR

Penulis

  • Heti Yuliati SMAN 5 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i2.2946

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Bermain Berpasangan, Penjasorkes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola,  (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA E SMAN 5 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain berpasangan  dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA E  SMA  Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode bermain berpasangan hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 76% kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode bermain berpasangan  menjadi 78,4% pada siklus 1 dan   81,1% pada siklus 2. Dengan demikian penggunaan metode bermain berpasangan  yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Referensi

Prasetya, E. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers in the Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.297

Surya, Muhammad. 1981. Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Samsuddin. 2013. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Solehudin, T. (2019). Using Prezi based on Cloud Syste Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9. doi:10.33884/cbis.v7i2.1319

Sudirman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Sumosardjono, Sadoso. 1989. Petunjuk Praktis Kesehatan Olahraga. Jakarta: Pustaka Karya Grafika.

Suryabrata, Sumardi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Sumanto, Wasti. 1990. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan

2020-04-03

Cara Mengutip

Yuliati, H. (2020). PENGARUH METODE BERMAIN BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES TENTANG GERAK MENGGIRING BOLA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 5 KOTA BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 106–117. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i2.2946