IMPLEMENTASI PROGRAM MENTAL COACHING CHARACTER UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK SMAN 5 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v1i2.2947Kata Kunci:
Kedisiplinan, Mental Coaching Character, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan Pendidikan karakter melalui program mental coaching character di SMAN 5 Kota Bogor. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA A,B,C,D,E,F dan X IPS A,B,C SMAN 5 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan secara garis besar terlihat berdasarkan hasil perolehan jumlah batu hitam dan batu putih, perolehan tertinggi diperoleh di kelas , X IPS C, X IPS B, X IPA F. Hal ini apabila dilihat berbanding lurus dengan hasil kuesioner yang diberikan. Kelas X IPS C mengalami peningkatan sebanyak 4 indikator, X IPS B memiliki nilai batu putih yang tinggi, namun masih memiliki batu hitam. Kelas X IPA F mengalami kenaikan sebanyak tiga indikator.
Referensi
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of MissouriSt Louis.
Bogdan, Robert C, dan Sari Knopp Biklen, 1998. Qualitatif Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Aliyn and Bacon, Inc.
Hasan. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Litbang Puskur.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa Wangid, Muhammad Nur. 2010. "Peran Konselor Sekolah Dalam Pendidikan Karakter”. Cakrawala Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index. tanggal 2 April 2015.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Koesoema Doni A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Marimba, D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung:Remaja Rosdakarya. Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep danModel Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prasetya, E. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers in the Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.297
Solehudin, T. (2019). Using Prezi based on Cloud Syste Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9. doi:10.33884/cbis.v7i2.1319
Suryaman, Maman. 2010. "Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra”. Dalam Cakrawala Pendidikan, Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index. tanggal 2 April 2015.
Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Triatmanto. 2010. ”Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Cakrawala Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index tanggal 2 April 2015.
TV One. 2014. "Data Tawuran Pelajar”. www.tvonenews.tv/data_tawuran_-pelajar_selama_20102012.tvOn.com, Diakses Tanggal 23 Maret 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wuryandani, Wuri, Maftuh, Bunyamin, Sapriya, dan Budimansyah, Dasim. 2014. "Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar.” Dalam Cakrawala Pendidikan TH. XXXIII No. 2. 2014. Diunduh dari http://journal.uny.ac.- id/index tanggal 2 April 2015.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Zuchdi, Darmiyati, Prasetya, Zuhdan Kun, dan Masruri Muhsinatun Siasah. 2010. "Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar,”. Cakrawala Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010. Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index tanggal 2 April 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.