Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Proyeksi Vektor Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-3 Semester Genap SMA Negeri 1 Maumere Tahun Pelajaran 2016/2017

Penulis

  • gaudensia a. ani yanti SMA Negeri 1 Maumere

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3547

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar, Proyeksi Vektor

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus yang mengupayakan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere sebanyak 36 orang dengan komposisi 16 orang peserta didik laki – laki  dan 20 orang peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I berlangsung selama 2 kali pertemuan dan Siklus II selama 2 kali pertemuan. Hasil analisis kuantitatif menjelaskan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere, yang terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar Belajar Matematika materi Proyeksi Vektor peserta didik dari 27,78% menjadi 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere meningkat sebesar 63,89 %, serta rata-rata prestasi belajar siklus I sebesar 67,11 dan pada siklus II sebesar 82,17. Ini berarti terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor sebesar 15,06 dari siklus I ke Siklus II.

Referensi

Abustam Idrus, Rahman Asfah, Djaali, 2006 ; Pedoman Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah,. Badan Penerbit UNM.

Anita Lie. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo, 2007.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Pt Bumi Aksara

Baharuddin, dkk, Teori Belajar & Pembelajaran, Malang: AR-Rusmedia, 2007.

Djamarah, Syaiful Bakri, 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional

Munandar, Utami. 1991. Berbagai Masalah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Muslich Masnur. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Moleong, 2004. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nurkancana dan Sunartana, 1992.

Natawijaya, Rahman. 1997. Proses Belajar Mengajar, Jakarta Usaha Nasional.

Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Sanjaya Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana, 2005.

Sardiman AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Slameto. 1991. Belajar dan Fakor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt. Bina Karya

Umar Alimin, Kaco Nurbaya, 2008: Penelitian Tindakan Kelas (Pengantar ke Dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi)., Badan Penerbit UNM.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung. Sinar Garfika.

Diterbitkan

2020-10-13

Cara Mengutip

yanti, gaudensia a. ani. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Proyeksi Vektor Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-3 Semester Genap SMA Negeri 1 Maumere Tahun Pelajaran 2016/2017. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 199–210. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3547