UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI SDI PIGANG KECAMATAN ALOK BARAT KABUPATEN SIKKA
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4673Kata Kunci:
supervisi akademik, kinerja guruAbstrak
Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru yang dianggap masih kurang pada saat melakukan observasi oleh kepala sekolah. Maka dari itu perlu dilakukan sebuah inovasi dengan cara menerapkan supervisi akademik di SDI Pigang Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka. Kegiatan penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu: perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SDI Pigang Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, indikator perencaan pada siklus I memperoleh skor 60,00 meningkat pada siklus II dengan skor 82,00%. Pada indikator pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 55,00% meningkat pada siklus II dengan skor 75,00%. Dan pada indikator penilaian pembelajaran memperoleh skor 55,00% meningkat dengan skor 77,00%. Selain itu rata-rata kinerja guru juga meningkat pada siklus I rata-rata kinerja guru adalah 56,66 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat hingga 78,00 dengan kategori Baik.
Referensi
Amatembun, N.A. 2000. Supervisi Pendidikan Penuntun Para Pemilik Pengawas dan Guru-guru. Bandung. Suri
Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Huda, Muhammad Nailul. 2018. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Univeritas Riau. (Online). https://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFKIP/issue/view/445. (Diakses pada tanggal 10 Januari)
Isyandi. 2004. Manajenten Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Global. Pekanbaru. UNRI Press
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Manajemen Sunrber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. Resdakarya
Mulyasa. 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta. Grasindo Persada
S, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314
S, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 117 - 127. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3069
Usman, Moch. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Edelfildis Edelfildis
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.