UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI SDI PIGANG KECAMATAN ALOK BARAT KABUPATEN SIKKA

Penulis

  • Edelfildis Edelfildis Kepala Sekolah SDI Pigang, Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4673

Kata Kunci:

supervisi akademik, kinerja guru

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru yang dianggap masih kurang pada saat melakukan observasi oleh kepala sekolah. Maka dari itu perlu dilakukan sebuah inovasi dengan cara menerapkan supervisi akademik di SDI Pigang Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka. Kegiatan penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu: perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SDI Pigang Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, indikator perencaan pada siklus I memperoleh skor 60,00 meningkat pada siklus II dengan skor 82,00%. Pada indikator pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 55,00% meningkat pada siklus II dengan skor 75,00%. Dan pada indikator penilaian pembelajaran memperoleh skor 55,00% meningkat dengan skor 77,00%. Selain itu rata-rata kinerja guru juga meningkat pada siklus I rata-rata kinerja guru adalah 56,66 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat hingga 78,00 dengan kategori Baik.

Referensi

Amatembun, N.A. 2000. Supervisi Pendidikan Penuntun Para Pemilik Pengawas dan Guru-guru. Bandung. Suri

Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Huda, Muhammad Nailul. 2018. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Univeritas Riau. (Online). https://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFKIP/issue/view/445. (Diakses pada tanggal 10 Januari)

Isyandi. 2004. Manajenten Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Global. Pekanbaru. UNRI Press

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Manajemen Sunrber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. Resdakarya

Mulyasa. 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta. Grasindo Persada

S, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314

S, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 117 - 127. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3069

Usman, Moch. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya

Diterbitkan

2021-04-29

Cara Mengutip

Edelfildis, E. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI SDI PIGANG KECAMATAN ALOK BARAT KABUPATEN SIKKA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 41–48. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4673