PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN KELAS XII TIB SMKN NEGERI 2 BOGOR

Penulis

  • Haryono Haryono SMK Negeri 2 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4676

Kata Kunci:

Aktivitas, Prestasi Belajar dan Model pembelajaran Berbasis Proyek.

Abstrak

Penelitian ini diawali dari kejadian di kelas, bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Administreasi Sistem Jaringan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Administreasi (2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan keaktifan belajar peserta didik (3) Untuk mengukur peningkatan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Administreasi Sistem Jaringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Berbasis Proyek dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan prestasil belajar peserta didik di kelas XII TIB  SMK Negeri 2 kota Bogor. Sebelum menggunakan Model pembelajaran Berbasis Proyek prestasi belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 49,63 (rendah), kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model pembelajaran Berbasis Proyek, prestasi belajar peserta didik terukur meningkat menjadi kompeten (67,18%), cukup aktif (63,125% ) dan cukup baik (60%) pada siklus 1, setelah itu mengalami peningkatan kompeten (72,18%), cukup aktif (77,81%) dan baik (83,07%) pada siklus 2. Dan setelah ditindaklajuti guna untuk memaksimalkan proses penelitian, maka pada siklus 3 lebih meningkat menjadi kompeten (83,3%), sangat aktif (92,5%) dan sangat baik (90,76%).

Referensi

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007). Jakarta: Balai Pustaka

Kemmis & Mc. Taggart. 2010. The Action Research Planner. Geelong: Deaken University Press

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Stoller, F.L. (2002). Project work: A means to promote language and content. In Richards, J.C., & Renandya, W.A. (Eds.). Methodology in language teaching: An anthology of current practice (pp.107-119). Cambridge: Cambridge University Press.

Syaiful Sagala, (2003) Konsep dan makna pembelajaran, Bandung, Alfabeta

Syaiful Sagala, 3003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: PT. Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

[online] https://ainamulyana.blogspot.com/2016/06/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html

[online] https://ilmu-pendidikan.net/siswa/macam-karakteristik-atau-keadaan-pada-peserta-didik (Sabtu, 10 Januari 2015 Syaiful Imran)

Diterbitkan

2021-04-29

Cara Mengutip

Haryono, H. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN KELAS XII TIB SMKN NEGERI 2 BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4676