EFEKTIVITAS METODE TILAWAH DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI RUMAH QUR'AN UMAR BIN KHATTAB BOGOR

Penulis

  • Rahmatsyah Rahmatsyah Universitas Ibn Khaldun
  • Maemunah Sa'diyah Universitas Ibn Khaldun
  • Retno Triwoelandari Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5533

Kata Kunci:

efektivitas metode, Tilawah, menghafal Al-Qur'an

Abstrak

Menghafal Al-Qur'an merupakan perbuatan yang sangat mulia karena Al-Qur'an pedoman hidup bagi umat Islam, tentuk tidak mudah untuk bisa menghafal Al-Qur'an 30 juz dengan baik dan bener. Metode tilawah adalah salah satu cara yang digunakan untuk bisa hafal Al-Qur'an 30 juz. Penelitian ini bertujuan untuk ingin mengetahui ke efektivitasan metode tilawah dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini Kualitatif deskriptif (Descriptive Qualilative research) merupakan penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. hasil penelitian menunjukan bahwa 1)Metode yang digunakan oleh pondok tahfidz Rumah Qur'an Umar Bin Khattab Bogor sudah baik. hal tersebut dapat terlihat dari hasil hafalan santri setiap pekannya dan setiap tahunnya. 2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di pondok Tahfidz Rumah Qur'an Umar Bin Khattab sudah efektif, hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang sudah sesuai  dengan tahapan minimal yang harus ditempuh oleh para santri dalam setiap tahunnya sehingga dapat menjadikan santri yang menghafal Al-Qur'an dengan lancar ketika lulus. 3)Faktor pendukung yaitu kedisiplinan dan motivasi dari orang orang terdekat santri, adanya kegiatan tilawah berjama'ah yang terkontrol dan adanya apresiasi pengasuh untuk santri yang berprestasi. faktor penghambat yaitu ayat yang sudah pernah di hafal menjadi lupa kembali, munculnya rasa malas.

Referensi

Abdurrohhim, Hasan. (2016). Strategi pembelajaran Al-Qur'an metode Tilawati. Surabaya: pesantren Al-Qur'an Nurul Falah PTT VB.

Abidin, Ahmad zainal. (2015). kilat dan mudah hafal juz Amma. Yogyakarta:Sabil.

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Calpulis.

Kompri. (2018). Manajemen dan kepemimpinan pondok pesantren. Yogjakarta:Teras

Lisnawati, Santi dkk. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mamlu'ah, aya. (2019). metode lotre pesantren tahfidz. Yogyakarta:Sabil.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, imam. (2006). terjemah riyadus shalihin jilid 2. terjemah oleh agus hasan bashori Al-sanuli dan muhammad syu'aib Al-faiz Al-sunawi. Surabaya: Insan kamil

Rusmaini. (2011). ilmu pendidikan. palembang: Grafika telindo

Sa'dullah. (2008). 9 cara praktis menghafal Al-Qur'an. Jakarta:Gema insani.

Sisdiknas. (2007). undang undang sistem pendidikan nasional. yogyakarta: pustaka belajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Tim penyusun kamus pusat bahasa. (2008). kamus bahasa indonesia. jakarta: pusat bahasa. 952.

Trisnawati ernie, sule & kurniawan., Saefullah, (2012). pengantar manajemen. jakarta:kencana.

Diterbitkan

2021-10-07

Cara Mengutip

Rahmatsyah, R., Sa’diyah, M., & Triwoelandari, R. (2021). EFEKTIVITAS METODE TILAWAH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN UMAR BIN KHATTAB BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 204–212. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5533