IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI TEKS CERITA PENDEK DI KELAS XI IPS 1 SMAN 2 BOGOR

Penulis

  • Sulung Puji Astuti SMA Negeri 2 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5592

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asssisted Individualization, Teks Cerita Pendek, Hasil belajar, Peserta didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menerapkan model pembelajaran  Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) Tentang Megidentifikasi Teks cerita Pendek di Kelas XI  IPS SMA Negeri 2 Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI IPS 1 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda.Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar siswa mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus dengan rata-rata 75,06. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 4,88 poin  menjadi 79,94. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5,24 point dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 85,18. Oleh karena itu model pembelajaran Kooperatif Tipe Tai ( Team Asssisted Individualization) yang di sesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Referensi

Fathoni, Abdurrahmat. 2005. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawan, Budi. Model Pembelajaran Kooperatif. https://kurniawanbudi04.wordpress.com/2013/05/27/model-pembelajaran-kooperatif-cooperatif-learning/

Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Marahimin, Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mujiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Mukhtar. 2007. Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah: Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muslihuddin. 2010. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Nasution, S. dan M. Thomas. 2005. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Desertasi, Makalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionel Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sukarnyana, I Wayan. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyo – Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Undang, Gunawan. 2009. Lesson Study Model Pengkajian Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Rizqi Press.

Diterbitkan

2021-10-07

Cara Mengutip

Astuti, S. P. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI TEKS CERITA PENDEK DI KELAS XI IPS 1 SMAN 2 BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 213–224. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5592