PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ONLINE PAI DI SDN CIJAYANTI 06

Penulis

  • Mahpudin Sahuri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Oking Setia Priyatna
  • Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6653

Kata Kunci:

Hasil Belajar Online, Media Audio Visual, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Abstrak Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar siswa yaitu dipengaruhi oleh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran.. Media pembelajaran audio visual membantu dalam pembelajaran secara serentak dapat menampilkan gambar dan suara dalam waktu yang bersamaan, yang berisi pesan-pesan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar online Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi dengan sampel yang diambil berjumlah 64 orang siswa di SDN Cijayanti 06. Hasil penelitian menunjukan bahwa ;1) Pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cijayanti 06 pada pelajaran PAI dengan menggunakan media audio visual dalam kategori baik 2) Hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah melakukan perlakuan dengan rata-rata kelas kontrol 67,12 dan kelas eksperimen 84,3. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari koofesian nilai dari uji t sebesar 4,221>1,670. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media audio visual maka seharusnya pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam mengaplikasikannya sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik dan tidak bosan dalam pembelajaran. Selain itu juga diharapkan bagi pendidik agar membuat media pembelajaran audio visual sendiri sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai dengan baik.

Referensi

Ammy, Putri Maisyarah. S. W. (2020, 10). Analisis Motivaasi Belajar Mahasiswa

Menggunakan Media Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Matematics Paedagogic, Volume 5 No. 1, 28.

Aprilia, E.F. (2015). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa

Kelas X Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Daradjat, Z. dkk. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. Cet. 11

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Hapnita, W. dkk. ( 2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived Jurusan Teknik Sipil, Vol. 5 No. 1, 2176-2177.

Hasibuan, R. F, & Sylvia, I. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas IX IPS di SMAN 1 Batang Gasan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2 No 1, 46.

Hasni, H & Lisnawati, S (2019, 06). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 3 No. 1 .

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Kemdikbud.

Mahmudi.(2019). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan

Epistemologi, Isi, dan Materi. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 1, Hal. 92

Nugraha, S.A., Sudiatmi, T. & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring

Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian 1 (3). Hal. 270.

Purwandari, A & Wahyuningtyas, D.T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa II SDN Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 3, 166.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Kalimantan Selatan: IAIN Antasari Press.

Saptoyo, R. D. (2021, 07 senin, 05). Update Corona Dunia 5 Juli: 184 Juta Kasus Covid-19 | Angka Kematian akibat Tak Vaksinasi. Retrieved from Kompas: https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/05/112600765/update-corona-dunia-5-juli--184-juta-kasus-covid-19-angka-kematian-akibat?page=all

Sari, Novita. (2016). Kepuasan Wisatawan Terhadap Wisata Kuliner Di Objek Wisata

Pantai Indah Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. JOM FISIP 3 (2). Hal. 6

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Kota Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Diterbitkan

2022-01-29

Cara Mengutip

Sahuri, M., Priyatna, O. S., & Asmahasanah, S. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ONLINE PAI DI SDN CIJAYANTI 06. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 66–76. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6653