PERAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA

Penulis

  • Salfania Rahmatul Adhiningsih Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Oking Setia Priyatna Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasan Basri Tanjung

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7236

Kata Kunci:

peran, pembelajaran akidah akhlak, karakter kepemimpinan siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini guna mengetahui mengenai peran pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa kelas VII MTs Sa Binarahma Pamijahan Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field research). Temuan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak meliputi: guru akidah tidak membuat administrasi pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, menetukan metode dan pendekatan pembelajaran, guru memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran dan melakukan evaluasi. Terkait karakter kepemimpinan siswa kelas VII Mts Sa Binarahmah Pamijahan Bogor meliputi: memiliki rasa keinginan untuk terus belajar disekolah agar menjadi pintar, kompak dalam hal gotong royong menjaga lingkungan sekolah, membantu teman yang tidak mengerti materi pelajaran, masih terdapat segelintir siswa yang tidak disiplin, tidak bertanggung jawab dan tidak jujur. Peran pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa kelas VII MTs Sa Binarahmah Pamijahan Bogor menyatakan sangat berperan dan berpengaruh walaupun masih terdapat siswa yang merasa pembelajaran akidah akhlak tidak berperan dalam membentuk karakter kepemimpinan.

Biografi Penulis

Salfania Rahmatul Adhiningsih, Universitas Ibn Khaldun Bogor

mahasiswa

Referensi

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, April, 72. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796

Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593

Bariah, K. (2021). Pediamu: jurnal ilmu pendidikan, keguruan dan pengajaran 18. PediaMu, 1(1), 18–31.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. 5(3), 9390–9394.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.246

Ningsih, S., & Rahmawati, I. (2019). Quantum Learning Membangun Pendidikan Karakter Kejujuran Siswa. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 307–311. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2413

Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 14–34. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.177

Rahayu, A. I. (2021). Sifat-Sifat Rasulullah Saw Sebagai Dasar Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 19–26. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.5

Sahari. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Tsyanawiyah Hidayaturrahman NW Menggala (Suatu Pendekatan Studi Literatur). Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870

Sidiq, U., & Khoirussalim. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. CV. Nata Karya.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS Bangkalan - Madura. UTM PRESS.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 105–113.

Diterbitkan

2022-07-28

Cara Mengutip

Adhiningsih, S. R., Priyatna, O. S., & Tanjung, H. B. (2022). PERAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 192–200. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7236