PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMECAHAN MASALAH

Penulis

  • Muhammad Kholil Yusuf Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hidayah Baisa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Putri Ria Angelina Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7874

Kata Kunci:

Model Pemecahan Masalah, Prestasi belajar, Penjumlahan

Abstrak

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta didik. Dalam proses pembelajaran pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran merupakan cara yang dapat dilakukan oleh pendidik agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II MI Nurul Ikhlas Depok yang berjumlah 16 peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata–rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Diketahui bahwa nilai KKM yang telah ditentukan dari sekolah sebesar 70. Meningkatnya peserta didik dalam pembelajaran ditandai dengan peningkatkan nilai rata – rata peserta didik pada pra siklus mencapai 68,6 (cukup), siklus I mencapai 76,3 (baik) dan siklus II mencapai 90 (sangat baik). Pada pra siklus diketahui sebanyak 9 siswa yang telah tuntas dengan persentase ketuntasan 56,25%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 12 siswa yang telah tuntas dengan persentase ketuntasan 75%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pemecahan Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas II di MI Nurul Ikhlas Depok.

Referensi

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta:

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

Alfabeta.Dwianjani.(2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan

Gunantara. (2014).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM

BASED LEARNING Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Gede Adi Juliawan. (2017). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Marliana, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 21.

Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Rineka Cipta. Anggraeni, H. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh Model

Diterbitkan

2022-07-28

Cara Mengutip

Yusuf, M. K., Baisa, H., & Angelina, P. R. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMECAHAN MASALAH. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 239–246. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7874