NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI SISWA KELAS 3 MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Penulis

  • Widya Krismon Sri Palupi Universitas Bhinneka PGRI
  • Eka Yuliana Sari

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.8158

Kata Kunci:

Character Values, Discipline, GLS, Independent, Students

Abstrak

Discipline and independence of students in schools is very necessary in order to support the teaching and learning process in schools to achieve the expected educational goals. One of the ways used by the school to improve student discipline and independence in literacy activities is by implementing the School Literacy Movement program in accordance with government programs. The purpose of this study was to describe the value of the disciplined and independent character of grade 3 students through the GLS at SDN 3 Jabalsari Tulungagung. This research method uses descriptive qualitative method. Methods of data collection using observation, questionnaires and interviews. The results of the analysis of observations, questionnaires and interviews with 16 subjects, it is known that not all students meet all the indicators of discipline and are independent of the implementation of the GLS. Grade 3 students get a very good category on the value of discipline, but the value of discipline in the implementation of the GLS of superior students is found in indicators of good behavior, where students get a percentage of 90%. While the independent indicators in the implementation of the GLS overall students get a good category, but students are superior in indicators of responsibility in each learning activity, which is getting a percentage of 90%.

Referensi

Abidin, Y. et al. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Aliyah Amira, (2019) Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IX di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang, Jurnal P A I Raden Fatah , 1 (2) April 2019 hal 130. Palembang.

Anindya, E. F. Y., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Apriani, Lia. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi. Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora. UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

Berliana, A. O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Penanaman Minat Baca Dan Disiplin Siswa Kelas Iv Sd Negeri Tegalsari 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. 1–146.

Buku saku Gerakan Literasi Sekolah. (2019). Menumbuhkan Budaya Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Engel. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 9–49.

Ermina Sari. (2015). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar.

Fadhilah, Siti Nur (2020) Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Mukim di Mi Plus Al Islam Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11395

Hanin, Nida Helwa. (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Pembentukan Karakter Siswa di SDN Madyopuro Malang. Jurusan Pendidikan Guru Madrasaah Ibtidaiyah, Fakultas ilmu Tarbiyah.: UIN Maulana Malik Ibrahim

Jailani, P. (2014). HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DANMOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU.

Judiani, Sri. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar MelaluiPenguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,Vol.16 Edisi Khusus III, Oktober 2010. Hlm 280-289.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016, 89 (2016). Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030

Khafifah, Siti. (2017). PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTs DAARUL MA'ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO

Lusi, Lestari, S., & Purwanti. (2015). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS MUJAHIDIN PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11158/10594

Melati, Reni Sofia., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 NO 5

Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwolerto: Stain Press.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum Jurnal comm-edu. 113–118.

Prandika, Rama Wahyu., Muhtarom., & Sutrisno. (2019). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas XI SMK Palebon Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1, No. 6.

Pohan, A. E. (2020). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Ramadhani, A. (2019). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd negeri gugus ki hajar dewantara kecamatan kramat kabupaten tegal. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang., 1–32. http://lib.unnes.ac.id/34786/

Rofiah, A. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SDN PERCOBAAN 2 DAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol. 3 No. 2, Bulan Juni Tahun 2019 p-ISSN, 3(2), 172–180.

Siti Ma'sumah. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi, hal. 26

Sugiyono,P.D. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA

Surya, A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tingkat kemandirian siswa dikelas XII IPS 1 MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, 2004, 6–17. http://eprints.umm.ac.id/39930/3/jiptummpp-gdl-alfansurya-55120-3-babii.pdf

Veny, K., Subiyantoro, H., & Suja'i, I. S. (2021). Karakter Disiplin Dan Mandiri Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di SMP Katolik Santa Maria Tulungagung Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6030–6037. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1903

Yuniastuti, R. (2020). Analisis pelaksanaan program literasi sekolah di SMP Kota Surabaya. Gastronomí­a Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Tulus Tu'u. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo, hal. 38-42.

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Sri Palupi, W. K., & Sari, E. Y. (2023). NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI SISWA KELAS 3 MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 24–37. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.8158