Manajemen Kelas Tahfidz Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Kelas I-E MI Maarif Pagerwojo

Penulis

  • Anggun Cahyaning Pramesti
  • Silvia Mulyaning Diar

Abstrak

Di zaman sekarang ini banyak dijumpai anak-anak yang lebih menghabiskan waktunya hanya untuk bermain hp dibanding menghafal Al-Qur'an. Oleh karena itu peranan guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap karakter anak sehingga kelas Tahfidz Al-Qur'an bisa diharapkan dapat menjadikan anak terbiasa dalam membaca Al-Qur'an terutama di dalam menghafal Al-Qur'an. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini guna untuk mengetahui manajemen kelas tahfidz Al-Qur'an dalam meningkatkan pendidikan karakter. Adapun peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru wali kelas, guru tahfidz Al-Qur'an, dan peserta didik kelas I-E Tahfidz-B yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di MI Maarif Pagerwojo dilakukan dengan baik. Dengan adanya pembelajaran tahfidz maka akan berdampak pada peningkatkan karakter peserta didik diantaranya adalah karakter religius, kejujuran, disiplin, kerjakeras, mandiri, bersahabat/komunikatif (sopan santun), gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Diterbitkan

2023-05-06

Cara Mengutip

Pramesti, A. C., & Diar, S. M. (2023). Manajemen Kelas Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Kelas I-E MI Maarif Pagerwojo. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/8545