Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas II MI Ma'arif Pagerwojo

Penulis

  • Diajeng Avita
  • Khanifatus Sholikhah

Kata Kunci:

Lingkungan Sekolah, Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran lingkungan sekolah, faktor-faktor yang menjadi pengahambat dan pendukung pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas 2  Mi Ma'arif Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan dilaksanakan di Mi Ma'arif Pagerwojo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengunankan analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Peran lingkungan fisik Mi Ma'arif Pagerwojo mampu membuat siswa disiplin dan lebih bertanggung jawab karena tersedianya fasilitas seperti buku monitoring aktivitas harian. Namun ketersediaan buku monitoring aktivitas harian siswa tersebut tidak serta merta dapat membuat siswa disiplin karena masih membutuhkan bimbingan. Faktor pendukung pembentukan karakter siswa Mi Ma'arif Pagerwojo  adalah para pendidik, siswa dan semua warga sekolah. Sementara faktor penghambatnya adalah lingkungan di luar sekolah.

Diterbitkan

2023-05-06

Cara Mengutip

Avita, D., & Sholikhah, K. (2023). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas II MI Ma’arif Pagerwojo. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 118–127. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/8549