PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (LCM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG MATERI MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA DI KELAS V SDN SEMPLAK 1 KOTA BOGOR

Penulis

  • Yanti Muliawati Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8566

Kata Kunci:

Active Learning Tipe Index Card Match, hasil belajar, IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V Sekolah Dasar melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match (LCM). Setelah melalui dua siklus yang masing-masing dua tindakan, hasi belajar siswa pada prasiklus, siklus 1 dan 2, menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata dan persentase hasil belajar siswa yang signifikan yaitu dimulai dari prasiklus dengan nilai rata-rata 70  dan ketuntasan hasil belajar siswa 33,33%. Sedangkan siklus 1, nilai rata-rata 76,67 dan ketuntasan hasil belajar siswa 70%. Adapun siklus 2, nilai rata-rata 84  dan ketuntasan hasil belajar siswa 100%. Dengan demikian penerapan model Active Learning Tipe Index Card Match (LCM) dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Referensi

Hisyam Zaini dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani & CTSD.

Solehudin, T. (2019). Using Prezi based on Cloud Syste Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah: Studi Kasus di SMPN 1 Cibungbulang. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9.

Solehudin, T., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 163-171

Diterbitkan

2022-11-05

Cara Mengutip

Muliawati, Y. (2022). PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (LCM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG MATERI MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA DI KELAS V SDN SEMPLAK 1 KOTA BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 256–261. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8566