PENGARUH MEDIA DOMINO MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN MEDANGKAMULYAN

Penulis

  • Meri Marwiah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA/FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Abstrak

Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Namun masih banyak peserta didik yang beranggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang paling sulit sehingga menimbulkan kebosanan dan menjadi hal yang menakutkan. Hal ini diakibatkan oleh sebagian peserta didik yang mengalami kesulitan saat mengerjakan soal matematika dan kurangnya penggunaaan media yang menyenangkan. Sehingga diperlukan media yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif yang tepat yaitu dengan menerapkan media Domino Matematika  pada materi perkalian dan pembagian. Dengan diterapkanya media Domino Matematika ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemandirian dan keaktifan belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan merasakan pengaruh media Domino Matematika dalam meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar serta untuk Menguji kelayakan Domino Matematika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan keaktifan peserta didik . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Medangkamulyan  Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah siswa 21 peserta didik.

Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode Eksperimental dengan desain penelitian Non Equivalent Desain

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Medangkamulyan Kabupaten Tasikmalaya. Adapun Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu menjadikan peserta didik mandiri dan aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika  Untuk teknik pengumpulan data nya menggunakan observasi tentang kemandirian dan keaktifan peserta didik.

Hasil data yang telah dianalisis terdapat hasil yang signifikan yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Hâ‚€ ditolak dan Hâ‚ diterima karena terdapat pengaruh media domino matematika terhadap kemandirian dan keaktifan peserta didik pada materi perkalian dan pembagian.

Kata Kunci: Media Domino Matematika, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Referensi

Akbar Sadun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Posdakarya

Cahyaningtyas Yufitasari. 2016. Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Kecamatan Mijen. Diunduh pada tanggal 15 Mei 2021 pukul 13:00 WIB https//www.ejournal.media.ac.id

Harsono Danang Noveka. 2018. Pengembangan Permainan Domat Card Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Diunduh pada tanggal 11 Mei 2021 pukul 10:25 WIB https//www.ejournal.stkippbbm.ac.id

Jawidda. 2017. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SDN 170 Dakda Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Diunduh pada tanggal 1I Mei 2021 pukul 08:35 WIB https///www.ejournal.media domino.ac.id

Melina Veni. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Domino Nusantara (Donat) Konservasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ranah Kognitif Siswa Kelas IV SDN Purwayoso 01 Semarang. Diunduh pada tanggal 12 Mei 2021 pukul 12:03 WIB https//www.ejournal.media pembelajaran.ac.id

Makarim Nadiem. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI No 3. tentang 18 instruksi pencegahan corona di Rumah dengan cara melaksanakan pembelajaran secara online.

Ningsih Rita & Nurrahmah Arfatin. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Diunduh tanggal 25 Mei 2021 Pukul 12.00 WIB https//www.journal.kemandirian anak.ac.id

Sundayana Rostina. 2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sari Yebby Yelita. 2019. Penggunaan Metode Bermain Dengan Bantuan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bilangan Pecahan Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu. D iunduh pada tanggal 15 Mei 2021 pukul 09:15 WIB https//www.cara bermain kartu domino.ac.id

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: Alfabeta

Yamin Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Madani

Diterbitkan

2023-05-06

Cara Mengutip

Marwiah, M. (2023). PENGARUH MEDIA DOMINO MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN MEDANGKAMULYAN. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 163–170. Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/9178