MAKSIMALISASI GOOGLE DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA

Authors

  • Herlina Herlina Universitas Tadulako
  • Hamlan Andi Baso Malla IAIN Palu
  • Acim Acim Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2803

Keywords:

analisis kebutuhan, google dokumen, era digital

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis kebutuhan untuk pengembangan model pembelajaran berbasis aplikasi google document untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi kemampuan analisis mahasiswa; 2) mengidentifikasi kebutuhan belajar mahasiswa di era digital dan 3) mengidentifikasi peluang google dokumen dalam meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa. Menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan subyek penelitian mahasiswa dan dosen yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan analisis mahasiswa masih kurang dan perlu ditingkatkan; 2) mahasiswa membutuhkan model dan desain pembelajaran yang relevan dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan 3) google dokumen relevan untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa khususnya pada mata kuliah yang membutuhkan kemampuan analisis tingkat tinggi.

References

Dewantara, D. (2018). Perbedaan Kemampuan Analisis Mahasiswa Antara Pembelajaran Berbantuan Schoology dan Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Biologi. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i1.826

Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, (October), 45–48. Retrieved from http://erepo.unud.ac.id/2231/1/cba5cfbb1d7ec2f5a19fb00fb7c542b2.pdf

Efgivia, M. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Jurnal Educate, 4(2), 5–10.

Herlina, Acim, Misnah, & Khairunnisa, R. (2019). Need Analysis of Using Google Form For Learning. Jurnal Dikdas, 7(2), 143–150.

Herlina, Ibrahim, N., & Maruf. (2019). Existence and Role of Character Educatiopn in The Middle of Digitaization Education 4.0. Science Proceedings Series (SPS), 1(2), 140–143.

Jeong, K. (2016). A Study on the Integration of Google Docs as a Web- based Collaborative Learning Platform in EFL Writing Instruction. (December). https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i39/103239

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1992). Analisis Data Kualitatif (T. R. Rohidi, ed.). Jakarta: UI Press.

Prensky, M. (2018). Digital Natives, Digital Immigrants. New Media and Society, 20(11), 3961–3979. https://doi.org/10.1177/1461444818783102

Sima, C. (2016). Generations BB, X, Y, Z, α - the changing consumer in the hospitality industry. In The Routledge Handbook of Hotel Chain Management (pp. 471–479). https://doi.org/10.4324/9781315752532

Taslim, T., Toresa, D., & Syahtriatna, S. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(2), 182. https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.205

Wiranata, A., Ibrahim, N., & Jakarta, U. N. (2019). Pengaruh Kemampuan Analisis dalam Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kognitif. 36–43.

Downloads

Published

31-01-2020

How to Cite

Herlina, H., Malla, H. A. B., & Acim, A. (2020). MAKSIMALISASI GOOGLE DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2803

Issue

Section

Artikel