PENINGKATAN INOVASI LAYANAN PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI MANAJEMEN GRID DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3328Keywords:
managemen grid, kepala sekolah, inovasi layanan pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan layanan pendidikan melalui penerapan manajemen grid di Kabupaten Sigi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan angket. Subjek penelitian adalah sekolah-sekolah dasar di Kabupaten Sigi, dengan unit analisis kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala di Kabupaten Sigi sebagian besar adalah country club. Peningkatan inovasi layanan pendidikan berada pada kategori cukup, masih harus ditingkatkan menjadi kategori baik atau sangat baik. Kepala sekolah harus meningkatkan gaya kepemimpinannya menjadi gaya manajemen tim, agar bisa meningkatkan suasana kerja menjadi kerja tim, meningkatkan partisipasi dalam pengambilan keputusan, komunikasi yang terbuka dan multi arah, serta meningkatkan kontribusi semua komponen di sekolah dalam layanan pendidikanReferences
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani. (2015). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembiasaan Beragama dan Berbudi Pekerti Siswa. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(2), 168. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.763
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sykmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Heryanto, A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Manajemen Mutu Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 21(2), 88–95. https://doi.org/10.17509/jap.v21i2.6678
Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Kemdiknas. (2007). Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.
Kodiran. (2017). Kepala Sekolah Sebagai Tugas Tambahan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol 7(1), 146–158.
Lazwardi, D. (2003). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Mendikbud. (2018). Edaran Mendikbud Nomor 18356 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.
Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods (Third). London: Sage Publications, Inc.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahayuningsih, I. (2012). Gaya Kepemimpinan Pejabat Struktural Akademik Sebuah Universitas Swasta X di Gresik. Jurnal Insan, 14(01), 23–31.
Rumagit, A. M., & Hariadi, M. (2009). Manajemen Grid untuk Render Animasi 3 Dimensi. Seminar Nasional Informatika 2009, (1), 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Sugiyono. (2019). Educational Research Methods: Quantitative, Qualitative and R&D Approaches. https://doi.org/979-8433-71-8
Sulastri, Nurkolis, & Rasiman. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Mutu Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(3), 346–361.
Tarhid. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 5(2), 141–155.
Yusuf. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa di SMA Negeri Kabupaten Berau. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 240–249.
Zulkarnain, W. (2012). Gaya Kepemimpinan Managerial Grid. Manajemen Pendidikan, 22(6), 497–504
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |