ANALISIS EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6007Keywords:
efektivitas belajar, pembelajaran daring, covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi dengan metode studi analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah total 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini adalah studi analisis dimana peneliti ingin melihat bagaimana guru dan siswa memanfaatkan pembelajaran daring selama masa pandemi di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilakukan setiap hari dengan presentase 83.33% menjawab sering, dan 16.67% menyatakan jarang. Terkait dengan penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru, 75% siswa menjawab selalu, dan 25% menjawab jarang, sementara untuk penggunaan internet dalam pembelajaran 70.83% siswa menjawab sering, dan 29.17% menjawab jarang. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring bahwa pembelajaran daring di kelas V SDN Bumi Sagu sangat efektif karena persentase jawaban sering dari komponen pertanyaan mendapatkan respons di atas 50%.References
Efgivia, M. Givi. 2019. Pengaruh Media Blanded dan E-Learning terhadap Hasil belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semster IV TP UIKA Bogor. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 4, No.2.
Fatria, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158
Firmansyah, A., & Rizal, R. (2019). Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Icim, Misnah, & Khairunnisa, R. (2019). Need Analysis of Using Googlnspirasi Pendidikan, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3323
Herlina, Ae Form For Learning. Jurnal Dikdas, 7(2), 143–150.
Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berkala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). In Sekretariat negara.
Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020 (pp. 1–2).
Lagandesa, Y. R. (2020). Integrasi Gerakan Olahraga Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 168–173.
Madya, S. A., & Abdurahman. (2021). Online Learning Implementation in the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020), 539(Icla 2020), 26–31. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210325.005
Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.Com.
Rizal, R., Wilade, S. J., & Herlina, H. (2020). Peningkatan Inovasi Layanan Pendidikan Melalui Implementasi Manajemen Grid Di Sekolah Dasar. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 43–53.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Suryabrata, S. (2014). Metodologi Peneitian. Rajawali Pers.
Widiyani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini. Kompas. https://news.detik.com/berita/d-4943950
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.
Zahriah, S. (2011). Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Islamiyah Sawangan Depok. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |