Model Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pembelajaran Active Learning Tingkat Sekolah Dasar

Sukron Muhammad Toha

Abstract


Fokus penelitian ini: (1) Mendapatkan gambaran tentang kondisi awal kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SDIT Al Hikmah Depok yang selama ini berlangsung. (2)Menghasilkan suatu model pembelajaran active learning yang dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Al Hikmah Depok. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Yaitu : (1) Bagaimana kondisi kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT Al Hikmah Depok yang selama ini berlangsung?. (2) Bagaimana tujuan pembelajaran active learning yang ada di SDIT AL-Hikmah Depok? Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) di mana dalam prosesnya mengacu kepada dasar-dasar, prinsip-prinsip dan langkah-langkah Pendekatan atau strategi Penelitian dan Pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983 : 771-794).pengumpulan data dalam penelitian menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalah dalam bentuk pertanyaan dan pernyataan yang diberikan guru dan siswa sebagai responden untuk memperoleh data. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan (1) pembelajaran active leraning di anggap mampu meningkatkan hasil belajar, sehingga model pembelajaran ini dianggap layak untuk diterapkan di SDIT Al Hikmah. (2) menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemberian metode pembelajaran ceramah


Keywords


Pendidikan; aktive; learning; agama; islam

Full Text:

PDF

References


Adrian. 2004. Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Siswa.

Ahmadi, Abu . 1991. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta:: Balai Pustaka

Al-ayabi, Oemar Muhammad Ati Thoumy. 1979. Falsafah At- Tarbiyah Al- Islamiyah. Terj.

Arifin, M.1992. Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Bonwell, C.C 1995. Active Learning: Creating excitement in the classroom. Center for teaching and learning. St. Louis College of Pharmacy.

Crow , Lester D, and Alice, Crow. 1963. Educational Psykology. New York: American.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Darajad, Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama.Pedoman Khusus pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan soasil. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djiwandono. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Gardner, PL & J.H. Block 1980. Attitude to Science a Review. New York: Science Educcation.

Guilford. 1988. Personality. New York: Mc Graw Hill.

Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset,

Hadi, Sutrisno. 1997. Seri Program Statistik. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada,

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket Tes dan Skala Nilai dengan Basica. Yogyakarta: Andi Offset

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, A.B. 1994. Teori Pendidikan. Jakarta: P3G

Irianto, Agus. 2007. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Kusnandar. 2007. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi, Jakarta: PT Grafindo Persada

Langgulung, Hasan. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta. Bulan Bintang.

Madrasah, Maksum. 1999. Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Marimba, D, Ahmad. 1986. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Almarif.

Masnur Muslich 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Mujahidin, E. 2005. Pesantren Kilat: Alternatif Pendidikan Agama Di Luar Sekolah. Pustaka alKautsar. Jakarta

Nasution, S. 1995. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nazir, M 2005, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Nizar, Syamsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press

Nur, M. 2001. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Makalah disajikan pada pelatihan TOT guru mata pelajaran SLTP dan MTs dari enam provinsi, di pusat Pendidikan ddan Pelatihan wilayah IV Surabaya

Pasaribu, L.L dan B. Simanjuntak. 1978. Tinjauan Pedagogik Teoritik. Bandung: Tarsito

Purwanto, Ngalim. 1996. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahmat, Jalaludin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rasyad Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA PRESS,

Sanjaya,Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenata Media

Sardiman, 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Setiaji, Bambang. 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Program Pasca Sarjana UMS

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sodiqin, Abuy dan Badruzaman. 2004. Metodologi Studi Islam. Bandung : Insan Mandiri

Soejanto, Agoes. 1979. Bimbingan Ke Arah Belajar Yang Sukses. Surabaya: Rineka Cipta

Stamboel, Conny Semiawan. 1982. Prinsip dan Teknik Pengukuran dan Penilaian di Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Mutiara

Sultan. 2008. Mengembangkan High Order Thinking. Sultans Weblog YPS Teacher

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius,

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. Mataram: NTP Press

The Liang Gie. 1989. Belajar yang efisien. Yogyakarta: Liberty

Tim Dosen FIP- IKIP Malang.1998. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,

Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Winkel, WS. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Witherington, HC. 1978. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Witherington, HC. 1978. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru

Zuhairini. 1992. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v6i2.1344

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats