Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah

Ardimen Ardimen, Neviyarni Neviyarni, Firman Firman, Gustina Gustina, Yeni Karneli

Abstract


The purpose of this study is to formulate a group guidance model with a muhasabah approach. This research use a literature study method. Data was collected from reference books, journals, proceedings, and research reports. Data analysis through content analysis techniques is then described and developed by researchers. The results showed that the Group Guidance Model with Muhasabah Approach (BKp-M model) is one of the models of guidance and counseling through integrated and interconnected group guidance services with a muhasabah approach by utilizing group dynamics to facilitate individual development optimally and comprehensively in various aspects of development individual self to face the challenges of change in life. The purpose of group guidance with the muhasabah approach is to facilitate individual development optimally and comprehensively in various aspects of personal development, especially improving self-identity, self-concept, self-confidence, self-regulation, self-integrity, self-adjustment, self-motivation, achievement motivation, religious commitment, and optimistic attitude to face the challenges of change in life.


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah merumuskan model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Metode Penelitian ini menggunakan studi literatur. Data dikumpulkan dari buku referensi, jurnal, prosiding dan laporan hasil penelitian. Analisis data melalui teknik content analysis (analisis isi) yang kemudian dideskripsikan dan dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah (model BKp-M) adalah salah satu model bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan kelompok yang integratif dan interkonektif dengan pendekatan muhasabah dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk memfasilitasi perkembangan individu secara optimal dan komprehensif dalam berbagai aspek perkembangan diri individu untuk menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan. Tujuan bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah adalah untuk memfasilitasi perkembangan individu secara optimal dan komprehensif dalam berbagai aspek perkembangan diri terutama meningkatkan identitas diri, konsep diri, keyakinan diri, regulasi diri, integritas diri, penyesuaian diri, motivasi diri, motivasi berprestasi, komitmen religius, dan sikap optimis untuk menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan.


Keywords


bimbingan kelompok; muhasabah; religius

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2016). The Power of Muhasabah: Manajemen Hidup Bahagia Dunia Akhirat. Editor: Abd Rasyid dan Yaseer Arafat. Medan: Perdana Publishing.

Achmadi. (2010). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Ghazali, I. (2017). Ikhtisar Ihya ‘Ulumiddin. Diterjemahkan dari Mukhtashar ‘Ihya ‘Ulumiddin. Penerjemah, Moh. Yusni Amru Ghozaly. Jakarta Selatan: Wali Pustaka.

Al-Qarni, ‘A. (2017). La Tahzan: Jangan Bersedih. Penerjemah, Samson Rahman; Penyunting, Syamsuddin TU dan Anis Maftukhin. Jakarta: Qisthi Press.

Ana, A., & Wibowo, M. E. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Harapan Hasil ( Outcome Expectations ) Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 49–53.

Andriyani. (2017). Efektivitas Muhasabah dan Tafakur Alam Terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 13(2), 163-170.

Andriati, N. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 126-132.

Andriati, N. & Rustam. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1), 11-15.

Arasy, S. S. (2014). Urgensi Muhasabah (Introspeksi Diri) di Era Kontemporer (Studi Ma’anil Hadits). Jurusan Al-qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ardimen, A. (2017). “Evaluasi Kinerja Konselor dalam Proses Konseling dan Riset Konseling di Sekolah”. Jurnal Edukasi: Media Kajian Bimbingan Konseling, Vol. 3, No. 1: 58-73.

Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29.

Arifin, S.N.A.M. & Hamjah, S.H. (2017). Aplikasi Tazkiyah Al-Nafs Menelusuri Mujahadah Al-Nafs dalam Kaunseling. Fikiran Masyarakat, Vol. 5, No. 2

Atika, A., & Kamaruzzaman. (2017). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Rukun Iman untuk Mencegah Kenakalan Remaja. Psikopedagogia, 5(2), 102–109.

Aulia, M.L.N. (2006). Nafas-Nafas Ruhani: Merasakan Kedamaian dengan Ruhani yang Hidup. Jakarta: Pustaka Da’watuna.

Awlawi, A.H. (2013). “Teknik Bermain Peran pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem”. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2 nomor 1

Badrujaman, A. (2011). Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.

Direktorat Jenderal Guru & Tenaga Kependidikan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjend PMPTK. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Fadhilah, N. (2017). “ Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa”. JURNAL PENELITIAN Vol. 14, No. 1

Farid, S.A. (2012). Tazkiyatun Nafs: Penyucian Jiwa dalam Islam. Terjemahan oleh Muhammad Suhadi, Editor Yahya Muhammad. 2012. Jakarta: Ummul Qura.

Fahrudin. (2016). Tasawuf sebagai Upaya Membersihkan Hati Guna Mencapai Kedekatan dengan Allah. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 14, No. 1.

Farida, M. (2011). Perkembangan Pemikiran Tasawuf dan Implementasinya di Era Modern. Jurnal Substantia, Vol. 12, No. 1

Fitria, N. (2013). “Model Bimbingan Kelompok Berbasis Falsafah Hidup Masyarakat Lampung untuk Mengurangi Prasangka Sosial”. Jurnal Bimbingan Konseling 2 (2)

Gibson, R.L., & Mitchell, M.H. (1995). Introduction to Counseling and Guidance. (Fourth Edition). Editor Kevin M. Davis. New Jersey: A Simon & Schuster Company.

Gibson, R.L., & Mitchell, M.H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Alih Bahasa oleh Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding, S.T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Terjemahan oleh Winarno dan Lilian Yuwono: Jakarta: Indeks.

Helen, J.V., Marjohan, & Alizamar. (2019). Bimbingan Kelompok Pola BMB3 untuk Peningkatan Pengendalian Diri Korban Bencana dalam Mengatasi PTSD. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 57–62.

Hadi, M.F.Z. (2015). Tasawuf untuk Kesehatan Mental. An-Nida: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 40, No. 1, Januari-Juni

Hariyadi, S., Dugiharto, DYP., & Sutoyo, A. (2014). Bimbingan Kelompok Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (2)

Hikmawati, F. (2011). Bimbingan Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kamaluddin. (2014). Peringatan Bagi Orang yang Beriman (Tafsir Surah Al-Hasr Ayat 18-21).Studi Multidisipliner Vol. 1 Edisi 2

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis; Kiat Mendidik sebagai Landasan Profesional Tindakan Konselor. Bandung: UPI Press.

Karzon, A.A. (2010). Tazkiyatun Nafs: Gelombang Energi Penyucian Jiwa Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah di Atas Manhaj Salafus Shaalih. Penerjemah, H. Emiel Threeska. Jakarta: Akbar Media.

Kiswantoro, A. (2015). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Life Model Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Atlet Persinas Asad Kabupaten Kudus Tahun 2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 2

Kurniawan, D.E. & Pranowo, T.A. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Bullying. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 126-135.

Kurniawati, A. (2014). “Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Metode Games untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berbicara pada Siswa SMAN Kerjo Kelas XI IPS 4 Tahun Ajaran 2013/2014”. Prooceeding Profesi Konselor Masa Depan. Semarang: 16 Desember 2014, diselenggarakan oleh Program Studi BK S.2-S.3 Pascasarjana UNNES, PB ABKIN, dan PD ABKIN Jawa Tengah.

Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 1 (2)

Lianasari, D. & Purwanto, E. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1-7.

Loban, M. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Model Bimbingan Kelompok menggunakan Games untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 54–61.

Makmudi, Tafsir, Bahruddin & Alim. (2018). Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 42-60.

Mashudi, F. (2012). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSod.

Masril. 2015. Model Bimbingan Kelompok Realitas untuk Peningkatan Regulasi Diri Siswa Madrasah. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Masyhuri, (2012). Prinsip-Prinsip Tazkiyah al-Nafs dalam Islam dan Hubungannya dengan Kesehatan Mental. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No.2 Juli – Desember 2012: 95 - 102

Maulana, R. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa SMK. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol. 2, No. 1 Juni 2016: 58-65

Mayasari, D. & Istirahayu, I. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Control untuk Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa SMP Negeri Kota Singkawang. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(2), 55-58.

Mohamad, A.D., Hamjah, S. H., & Mokhtar, A.I. (2017). “Konsep Tazkiyah al-Nafs Menurut al-Harith bin Asad al-Muhasibi”. Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah, Vol. 4, Bil.1, 115-125.

Mustakim, M. (2014). Kurikulum Pendidikan Humanis Religius. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, Vol.3, No.1

Neviyarni, S. (2009). Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Khalifah fil Ardh. Bandung: Alfabeta.

Nurihsan, A.J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Editor: Anna Susana. Bandung: Refika Aditama.

Nurihsan, A.J. (2011). “Teknik Bimbingan dan Konseling”, dalam Supriatna, M. (Ed.). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi KonselorJakarta: Rajawali Rajawali Pers.

Pramono, A. (2013). “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif”. Jurnal Bimbingan Konseling 2 (2)

Prayitno, Wibowo, M.E., Marjohan., Mugiarso, H., & Ifdil. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta.

Prayitno, (2017). Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.

Rajab, K. & Sabli, I. (2010). Islam Kholistik: Realitas Kesehatan Mental & Solusi Keummatan. Pekanbaru: Suka Press.

Rahman, Y. A. (2014). Implementasi Konsep Muahadah Mujahadah, Muraqabah, Muhasabah dan Mu’aqabah dalam Layanan Customer. EKBISI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol VIII, No.2

Rozikan, M., & Fitriana, S. (2017). Penguatan Konseling Islami Melalui Perjalanan Tasawuf dalam Meraih Kebahagiaan Individu. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 8, No. 1

Sari, E.P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Sikap Prososial. Jurnal Bimbingan Konseling 2 (2)

Silawati. (2015). Pemikiran Tasawuf Hamka dalam Kehidupan Modern. An-Nida: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 40, No. 2

Siwinarti, Tajri., I., & Widodo. J. (2012). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Fun Game untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1 (2)

Subagyo, I. (2013). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Outbound untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2 (2)

Sumarlin. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Muna untuk Meningkatkan Kecerdsan Emosional Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2 (2)

Utami, S.W. (2017). Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Berbasis Muhasabah dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Boarding School SMP ITt Abu Bakar Yogyakarta. (Tesis) Diajukan kepada Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Winarlin, R., & Lasan, B. B. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 68–73.

Yulia, Y. (2008). Muhasabah. Web.ipb.ac.id, diakses 20 September 2017.

Yusuf, K.M. (2014). Pembentukan Karakter Pribadi Melalui Mujahadah dan Muraqabah. Jurnal al-Fikra, Vol. 13, No. 2

Yusuf LN., S., & Nurihsan, A.J. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaharudin & Amaliyah, R. (2014). Efektivitas Muhasabah dalam Proses Pencapaian Makna Hidup pada Santri Kelas XI Jurusan IPS Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiyah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Agama, Vol.15, No.2

Zaini, A. (2017). Terapi Sufistik untuk Penyembuhan Gangguan Mental dan Mewujudkan Pribadi yang Sehat. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 8, No. 1

Zulfa, N., Sutoyo, A., & Purwanto, E. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Sikap terhadap Peran Ganda Wanita. Jurnal Forum Tarbiyah, Vol. 11, No.2




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats