Konsep tarbiyyah ruhiyyah Abu Al-Hasan Ali Al-Nadwi

Authors

  • Imanuddin Kamil STIkes Kharisma Karawang
  • Didin Hafidhuddin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abbas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4317

Keywords:

An-Nadwi, tarbiyah ruhiyyah, strategi pembinaan

Abstract

This article aims to determine the urgency of tarbiyyah ruhiyyah and how the concept of fostering tarbiyyah ruhiyyah according to the view of Abu Al-Hasan Ali Al-Nadwi. This research method is a library research study using content analysis method in the form of descriptive-analytical. with primary sources by Abu Al-Hasan Ali Al-Nadwi Rabbȃniyyah lȃ Rahbȃniyyah, Mȃdzȃ Khasira Al-'Ȃlam bi Inhitȃti Al-Muslimȋn, and Al-'Aqȋdah wa Al-'Ibȃdah wa Al-Sulȗk. In Al-Nadwi's view, tarbiyyah rȗhiyyah must be based on an aqidah basis and a solid footing that places tarbiyyah rȗhiyyah as one of the missions of nubuwwah, the equivalent of ihsan and as inner fiqih which is an inherent part of shari'ah. The coaching process includes six main components, namely dhikr, shuhbah Al-Shaykh, and mu'ȃsyarah, then Al-hubb and ikhlas. The implementation model relies on coaching based on the right aqidah, referring to the Qur'an, Al-Sunnah, shari'ah and the prophet's sirah with the strategy of coaching based on the strength of the shaykh, habituation, and transmission through the establishment of a conducive environment, and strategic focus. learning is directed at strengthening the relationship with Allah SWT.

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui urgensi tarbiyyah ruhiyyah dan bagaimana konsep pembinaan tarbiyyah ruhiyyah menurut pandangan Abu Al-Hasan Ali Al-Nadwi. Metode penelitian ini adalah studi riset kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu berupa deskriptif-analitis. dengan sumber primer karya Abu Al-Hasan Ali Al-Nadwi Rabbȃniyyah lȃ Rahbȃniyyah, Mȃdzȃ Khasira Al-'È‚lam bi Inhitȃti Al-MuslimÈ‹n, dan Al-‘AqÈ‹dah wa Al-‘Ibȃdah wa Al-SulÈ—k. Dalam pandangan Al-Nadwi, tarbiyyah rÈ—hiyyah harus dilandasi oleh dasar akidah dan pijakan yang kokoh yang menempatkan tarbiyyah rÈ—hiyyah sebagai salah satu misi nubuwwah, padanan dari ihsan dan sebagai fiqih bathin yang menjadi bagian inheren dari syariah. Proses pembinaannya meliputi enam komponen utama yaitu dzikir, shuhbah Al-Syaikh, dan mu'ȃsyarah, kemudian Al-hubb dan ikhlas. Model implementasi bertumpu pada pembinaan yang berlandaskan pada akidah yang benar, mengacu pada Al-Qur'an, Al-Sunnah, syariah serta sirah nabi dengan strategi pembinaannya bertumpu pada kekuatan syaikh, pembiasaan dan penularan melalui pembentukan lingkungan yang kondusif, dan fokus strategi pembelajaran diarahkan pada penguatan hubungan dengan Allah Swt.

References

Abdullah, A. S. (1991). Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Al-Quran. Diponegoro.

Al-Maraghi, M. (t.t.). Tafsȋr Al-Marȃghi. Dȃr Al-Fikr.

Al-Nadwi, A. H. A. (t.t.-a). Kerugian Dunia Karena Kemunduran Umat Islam. Bina Ilmu.

Al-Nadwi, A. H. A. (t.t.-b). Mȃdzȃ Khasira Al-‘È‚lam bi Inhitȃti Al-MuslimÈ‹n. Maktabah al-Iman.

Al-Nadwi, A. H. A. (1966). Rabbȃniyyah lȃ Rahbȃniyyah. Dȃr Al-Fath li Al-Thiba'ah wa Al-Nasyr.

Al-Nadwi, A. H. A. (1969). Nahwa Al-Tarbiyyah Al-Islȃmiyyah Al-Hurrah. Dȃr Al-Irsyad.

Al-Nadwi, A. H. A. (1983a). Al-‘AqÈ‹dah wa Al-‘Ibȃdah wa Al-SulÈ—k fÈ‹ Dhai Al-Kitȃb wa al -Sunnah wa Al-SÈ‹rah Al-Nabawiyyah. Dȃr Al-Qalam.

Al-Nadwi, A. H. A. (1983b). Pertarungan antara Alam Pikiran Islam dengan Alam Pikiran Barat. Al-Ma'arif.

Al-Nadwi, A. H. A. Al-Husni. (1987). Fȋ Masȋrah Al-Hayȃh. Dȃr Al-Qalam.

Al-Qurthubi, A. ‘A. M. (2006). Al-Jȃmi' li Ahkȃm Al-Qur'ȃn. Muassasah Al-Risalah.

Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat dan praktik pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Penerbit Mizan.

Hawwa, S. (1999). Tarbiyyatunȃ Al-Rȗhiyyah. Dȃr Al-Salam.

Husaini, A. (2012). Diktat Kuliah Islamic Worldview. Universitas Ibn Khaldun.

Ibn-Katsir, I. A. F. (2008). Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim. Dar Al-Fikr.

Kusumah, M. W. (2016). Pemikiran Pendidikan An-Nadwi Dalam Kitab Ash-Shira‘ Baina Al-Fikrah Al-Islamiyyah Wa Al-Fikrah Al-Gharbiyyah. Rayah Al-Islam, 1(01), 106–118.

Mahmud, A. H. (2000). Pendidikan Ruhani. Gema Insani.

Muhaemin. (2004). Pendidikan Rohani Dalam Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. UIN Jakarta.

Mustofa, A. (2005). Menyelam ke Samudera Jiwa dan Ruh. PADMA Press.

Quthb, M. (t.t.). Manhaj Al-Tarbiyyah Al-Islȃmiyyah. Minbar Al-Tauhid wa Al-Jihȃd.

Umar, S. (2017). Anak dan Pendidikan Ruhiyah dalam Keluarga (Studi Pemikiran Khalid Ahmad Al-Syantut). Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 1(1), 95–110.

Zuhri, S. (2019). Tarbiyah Ruhiyah (Pendidikan Ruhani) Bagi Anak Didik Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Islam. As-Sibyan, 2(1), 39–55.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Kamil, I., Hafidhuddin, D., Mujahidin, E., & Tamam, A. M. (2021). Konsep tarbiyyah ruhiyyah Abu Al-Hasan Ali Al-Nadwi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 272–289. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4317

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>