Persepsi dan implementasi integrasi Islam dan sains di SMA IT Al Ihsan Pekanbaru

Authors

  • Edison Edison STMIK Amik Riau
  • Munzir Hitami UIN Suska Riau
  • Abu Anwar UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5009

Keywords:

integrasi, Islam dan sains, SMA IT

Abstract

This study aims to analyze the concept of implementing the integration of Islam and Science at SMA IT Al Ihsan Pekanbaru. This research runs using a qualitative approach. Data were collected through interviews, observation and documentation. This study found that the concept of integration at SMA IT Al Ihsan is Islamization which begins with integration. The concept of integration of Islam and Science at SMA IT Al Ihsan is in accordance with the JSIT standard, namely the TERPADU concept which is a guide in the implementation of learning and the implementation of learning evaluation. The application of the integration of science and Islam is realized in learning activities and also becomes the spirit in non-academic activities. In PAI learning, the integration of Science and Islam is realized through the responsibility of the PAI teacher in guiding students to achieve competence in practicing the Qur'an. New insights that can be developed from the results of this research are the development of the concept of the integration of Islam and Science in which Islamic values become a measuring instrument for the achievement of competence of students studying at the Integrated Islamic School.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep penerapan integrasi Islam dan Sains di SMA IT Al Ihsan Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dihimpun, disortir, dan dianalisis dengan metode triangulasi. Penelitian ini menemukan bahwa konsep integrasi di SMA IT Al Ihsan adalah Islamisasi yang dimulai dengan integrasi. Konsep integrasi Islam dan Sains di SMA IT Al Ihsan sesuai dengan standar JSIT yakni konsep TERPADU yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penerapan integrasi sains dan Islam direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran dan juga menjadi ruh dalam kegiatan non akademik. Pada pembelajaran PAI, integrasi Sains dan Islam terealisasi melalui tanggung jawab Guru PAI dalam membimbing siswa mencapai kompetensi mengamalkan Al Qur'an. Wawasan baru yang dapat dikembangkan dari hasil penelitian ini adalah pengembangan konsep integrasi Islam dan Sains yang meletakkan nilai-nilai Islam menjadi alat ukur capaian kompetensi siswa yang menuntut ilmu di Sekolah Islam Terpadu.

References

Adawiah, R. (2016). Integrasi Sains dan Agama dalam Pembelajaran Kurikulum PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya). Jurnal Al Banjari, Volume III(2), 99–124. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v15i1.817

Al Faruqi, I. R. (1404). Islamisasi Pengetahuan. Penerbit Pustaka.

Ansory, I. (2019). Cara Mensucikan Najis (M. Fithiryaningrum, Ed.). Rumah Fiqih Publishing.

Arimadona, S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Jurnal Pendidikan Rokania, Volume 147(2), 89–98.

Fadllan, A. (2014). Model Pembelajaran Fisika di Madrasah Berbasis Riset. IAIN Walisongo.

Fahri, M. (2018). Nilai-Nilai Karakter Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Depok. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), Volume 2(1), 131. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i1.59

Faizah, S. N., & Mubin, M. (2019). Pengaruh Modul Tematik Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Pada Tema Energi Dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Murni Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Volume 3(2), 72. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p72-76

Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5(1), 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549

Hudriyanto. (2020). Islam dan Manifesto Perlawanan atas Sekulerisme. Jariah Publishing Intermedia.

Husaini, A. (2020). Pendidikan Islam. YPI At Taqwa.

JSIT, T. P. (2017). Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu (4 ed.). Jaringan Sekolah Islam Terpadu.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Volume 2(1), 19. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735

Lubis, A. (2018). Sekolah Islam Terpadu dalam Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Ahmadi Lubis Pengaruh Sastra Islam Arab terhadap Karya Tsamaratul Ihsí£n Fi Wilí£dati Sayyidil Insí£n Karya Syekh Sulaiman Ar-rasuli Chairullah Upacara ‘Ngaben' di Desa Rama Agung – Bengkulu. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, Volume 4(2), 6.

Permendikbud No 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, 1 (2013).

Muspiroh, N. (2016). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, Volume 28(3), 484. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560

Nata, A. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Prenada Media.

Peraturan Pemerintah No. 19 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 19 (2005).

Sagiran. (2019). Gantung Wudhu. Qultum Media.

Saripudin, P. (2018). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di SDN Sadamantra. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Volume 2(2), 41–61.

Septantiningtyas, N., Lukman Hakim, M. R., & Rosmila, N. (2020). Konsep Dasar Sains. Lakeisha.

Sofanudin, A. (2019). Tipologi Kurikulum PAI pada Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Edukasi Puslitbang Kemenag, Volume 17(1), 1–24. https://doi.org/https ://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/563

Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter SMART Siswa Di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 8(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21675

Syarbini, A., & Jamhari, S. (2012). Kedahsyatan Membaca Al Qur'an. Penerbit Ruang Kata.

Wibowo, A. (2019). Pendidikan Agama Islam di Era Disruptif pada Jejaring Sekolah Islam Terpadu. Pendidikan Agama Islam di Sekolah Islam Terpadu, 1–58.

Yahya, H. (2001). Keruntuhan Teori Evolusi. Dzikra.

Yunita, Y., Akzam, I., & Pebrian, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Volume 4(2), 54–62. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4288

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Edison, E., Hitami, M., & Anwar, A. (2021). Persepsi dan implementasi integrasi Islam dan sains di SMA IT Al Ihsan Pekanbaru. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 381–394. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5009

Issue

Section

Artikel